Jumat, 13 September 2024
Jumat, 13 September 2024

Hati-hati Girls! Ini Bahaya Pakai AHA BHA dan Retinol Bersamaan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bagi yang memiliki jenis kulit berminyak dan mudah tumbuh jerawat pasti tergiur dengan kemampuan serum yang mengandung retinol atau AHA-BHA.

Menggabungkan retinol, AHA, dan BHA dalam rutinitas perawatan kulit mungkin terdengar menggiurkan, namun Sobat Holopis, kombinasi ini dapat berdampak buruk pada kulit.

Bahan gabungan kandungan aktif ini sama-sama bekerja untuk mempercepat pergantian sel kulit, namun jika digunakan bersamaan, efeknya bisa terlalu kuat dan menyebabkan iritasi yang parah.

Berikut ini beberapa efek negatif yang bisa dirasakan jika menggabungkan dua gabungan tersebut.

1. Iritasi Kulit yang Parah

Ketika retinol, AHA, dan BHA digunakan secara bersamaan, kulit akan mengalami pengelupasan yang sangat cepat. Ini dapat menyebabkan kulit menjadi merah, kering, mengelupas, dan terasa perih. Iritasi yang parah ini dapat mengganggu barrier kulit yang berfungsi sebagai pelindung alami kulit.

2. Barrier Kulit Rusak

Barrier kulit yang rusak akibat penggunaan ketiga bahan aktif ini secara berlebihan akan membuat kulit lebih rentan terhadap iritasi, infeksi, dan kehilangan kelembaban. Kulit yang kehilangan kelembaban akan menjadi kering, kusam, dan lebih mudah mengalami penuaan dini.

3. Pigmentasi

Iritasi yang disebabkan oleh kombinasi retinol, AHA, dan BHA dapat memicu produksi melanin berlebih. Melanin adalah pigmen yang memberikan warna pada kulit. Produksi melanin yang berlebihan dapat menyebabkan munculnya noda hitam atau hiperpigmentasi, terutama pada kulit yang memiliki kecenderungan melasma.

4. Peradangan

Meskipun retinol dan BHA sering digunakan untuk mengatasi jerawat, penggunaan ketiga bahan aktif ini secara bersamaan justru dapat memperparah peradangan pada kulit. Iritasi yang berlebihan dapat memicu peradangan dan membuat jerawat menjadi lebih meradang.

Mengapa Hal Ini Terjadi?

Retinol, AHA, dan BHA adalah bahan aktif yang sangat kuat. Ketika digunakan bersamaan, efek eksfoliasi dan regenerasi menjadi terlalu agresif, sehingga kulit tidak memiliki waktu untuk memperbaiki diri. Akibatnya, kulit menjadi sensitif, iritasi, dan mengalami kerusakan.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dan aman, sebaiknya gunakan produk-produk ini dengan bijak dan sesuai dengan petunjuk penggunaan ya, Sobat Holopis!

Temukan kami juga di Google News dengan klik ikon bintang. Atau kamu bisa follow WhatsApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hati-hati, Tak Bersih Pakai Softlens Bisa Sebabkan Kerusakan Mata

Penggunaan softlens atau lensa kontak menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang ingin memperbaiki penglihatan tanpa harus memakai kacamata.

Tak Cuma Enak Jadi Rujak, Buah Kedondong Punya Banyak Khasiat

Buah kedondong dikenal dengan buah yang enak untuk dicemil dan cocok menjadi teman bumbu rujak.

PT MRT Jakarta Raih 3 Penghargaan TOP GRC Awards 2024

PT. MRT Jakarta, sabet tiga penghargaan tingkat nasional TOP Governance, Risk, and Compliance (GRC) Awards 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

Berita Terbaru