NewsEkobizDPR Kaget SILPA APBN 2023 Terkecil Sepanjang Sejarah

DPR Kaget SILPA APBN 2023 Terkecil Sepanjang Sejarah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI, Esti Wijayanti mengaku cukup terkejut dengan besaran Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) pada APBN tahun 2023 yang ternyata menjadi SILPA terendah sepanjang sejarah.

“Saya cukup surprise karena mendapatkan informasi bahwa SILPA tahun 2023 itu SILPA terkecil sepanjang sejarah, sekitar 19,4 triliun, dibandingkan dengan Tahun 2022 ada sekitar 130 triliun lebih,” kata Esti dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (26/8). .

“Maka sekali lagi catatannya adalah 19,4 itu menjadi catatan Silva terkecil sepanjang perjalanan APBN mulai dari 2008,” sambungnya.

Esti kemudian memandang, bahwa rendahnya SILPA tersebut menandakan, bahwa memang anggaran yang telah ditetapkan dalam APBN tahun anggaran 2023, dialokasikan untuk belanja di tahun yang sama.

“Artinya APBN ini digunakan betul-betul di dalam tahun anggaran yang sama, sehingga SILPA-nya menjadi sangat rendah,” ujarnya.

Kendati begitu, Esti memandang rendahnya SILPA tersebut sebagai hal yang lazim terjadi, mengingat banyak program-program baru dari pemerintah yang anggarannya dialokasikan dari SILPA.

“Kita lihat ada beberapa hal baru yang memang menggunakan anggaran dari SILPA, sehingga SILPA-nya memang minim,” ujar Esti.

Lebih lanjut, politisi dari PDI Perjuangan ini kemudian menyinggung bagaimana APBN ini menjadi bantalan jika SILPA yang diketahui menjadi cadangan anggaran besarannya cukup rendah. Oleh karenanya, Esti pun berpesan kepada pemerintah untuk betul-betul melakukan perencanaan penganggaran secara cermat dan terukur.

“Jangan sampai kemudian kita berharap pada SILPA yang besar untuk menutupi atau untuk pembiayaan terhadap kebutuhan di alokasi anggaran yang sudah ditetapkan,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News dengan klik ikon bintang. Atau kamu bisa follow WhatsApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jokowi : IKN Butuh Keramaian

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini membutuhkan keramaian untuk menciptakan sebuah ekosistem perkotaan.

Jelang Long Weekend, IHSG Ditutup Perkasa

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menguat dan berada di zona hijau pada penutupan sesi terakhir perdagangan jelang long weekend, Jumat 13 September 2024.

Jokowi Gembira Peluang Pembangunan IKN Ditangkap Baik Investor Lokal

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji Konsorsium Nusantara dalam membangun Hotel Nusantara Swisotel. Pasalnya, pembangunan hotel di Ibu Kota Nusantara tersebut hanya memakan waktu 9 (sembilan) bulan saja.

KAI Daop 1 ‘Sapa Pelanggan’ Sepanjang Periode Long Weekend

Ingin lebih dekat dengan pelanggan PT KAO Daop 1 Jakarta melakukan kegiatan menyapa pelanggan. Kegiatan ini dilakukan untuk semakin dekat dengan pelanggan.