Lawan Perubahan Iklim! Ini 3 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Perubahan iklim adalah permasalahan yang sangat penting dan jangan diabaikan. Semakin banyak yang tidak perduli, maka ancaman perubahan iklim yang berbahaya seperti cuaca ekstrem dan bencana alam akan semakin sering terjadi.

Namun jangan khawatir, karena usaha demi menjaga bumi dari melewati perbuahan iklim bisa dilakukan dengan cara-cara paling sederhana sekalipun.

Berikut ini 3 langkah sederhana, yang memiliki dampak besar hingga melawan perubahan iklim.

1. Kurangi Jejak Karbon

Salah satu penyebab utama perubahan iklim adalah peningkatan emisi gas rumah kaca. Untuk mengurangi jejak karbon, kita bisa mulai dari hal-hal sederhana seperti mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi umum atau bersepeda. Selain itu, menghemat energi di rumah juga sangat penting. Matikan lampu saat tidak digunakan, gunakan peralatan elektronik yang hemat energi, dan atur suhu AC dengan bijak.

2. Kelola Sampah dengan Bijak

Sampah menjadi masalah besar bagi lingkungan. Untuk mengurangi dampaknya, kita bisa mulai memilah sampah dari rumah. Pisahkan sampah organik, anorganik, dan sampah berbahaya. Sampah organik dapat diolah menjadi kompos, sedangkan sampah anorganik dapat didaur ulang. Selain itu, kurangi penggunaan plastik sekali pakai dengan membawa tas belanja sendiri dan memilih produk-produk yang ramah lingkungan.

3. Tanam Pohon dan Lestarikan Alam

Pohon berperan penting dalam menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Dengan menanam pohon, kita turut mengurangi dampak pemanasan global. Selain itu, kita juga bisa berkontribusi dalam pelestarian alam dengan cara sederhana, seperti tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Setiap tindakan kecil yang kita lakukan, jika dilakukan bersama-sama, akan memberikan dampak yang besar bagi lingkungan. Sobat Holopis bisa memulainya dari diri sendiri dan ajak orang-orang di sekitar untuk turut serta dalam menjaga bumi.

Temukan kami juga di Google News dengan klik ikon bintang. Atau kamu bisa follow WhatsApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.
Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemenhub Bentuk Pusat Integrasi Data Maritime untuk Informasi Keselamatan Pelayaran

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah membentuk Pusat Integrasi Data Maritime atau Maritime Coordination Center (MCC) yang berfungsi sebagai Pusat Integrasi Data Maritim.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 13 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 13 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 13 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 13 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru