Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024

Ridwan Kamil Punya Ide Gila Atasi Kemacetan di Jakarta

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bakal calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil mengklaim sudah memiliki konsep dalam mengatasi permasalahan kemacetan di Jakarta.

Ide yang diklaimnya cukup ekstrem atau gila itu disampaikannya saat mendatangi Kantor DPD Demokrat Jakarta, Jumat (23/8).

“Saya punya ide gila lagi pak, yang kalau aturan mengizinkan, ini akan saya terapkan pertama di Indonesia. Membangun apartemen di atas jalan,” kata Ridwan Kamil dalam pernyataannya yang dikutip Holopis.com.

Mantan Gubernur Jawa Barat itu menjelaskan bahwa konsep apartemen tersebut nantinya akan dibuat layaknya bangunan yang ada di luar negeri.

“Kan jalan juga adalah lahan, cuma bentuknya jalan. Kan boleh bikin ada bangunan ngangkang. Di luar negeri sudah biasa. Jadi di bawah tol kota mobil lewat, di atas orang lagi work from home gitu,” jelasnya.

Tak hanya di jalanan, Ridwan Kamil juga berencana membangun apartemen di atas sebuah pasar serta di atas lahan jalan kereta.

“Turun ke bawah, bayangkan wajah yang saya rencanakan. Di atas pasar, di atas stasiun kereta, di tengah jalan,” imbuhnya.

Dengan adanya program tersebut, mantan Wali Kota Bandung itu menyakini dapat menghemat perjalanan dan mengurangi polusi.

“Menghemat perjalanan, mengurangi polusi karena berkurangnya perjalanan, lebih bahagia, lebih sehat, jalan kaki sepedaan, karena konsep Jakarta Baru menghadirkan hunian-hunian di tengah kota yang hari ini lahan mahal sekali. Nah itu salah satu fundamental yang sedang kami siapkan,” ujar RK.

Sebagai bukti keseriusannya, Ridwan Kamil kemudian mengaku telah berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) soal rencana memanfaatkan lahan stasiun untuk hunian. RK ingin ada lebih banyak apartemen di atas stasiun.

“Saya sudah minta ke PT KAI, tolong studi juga, enggak boleh lagi di Jakarta ada stasiun-stasiun yang satu lantai. Semua stasiun harus ada apartemen juga, di Manggarai, di Dukuh Atas, mau di Tanah Abang, mau di Juanda, mau di mana, sama juga. Karena lahan itu mahal,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pramono Anung Klaim Dapat Dukungan Tokoh Agama

Pramono Anung sesumbar bakal meraih kemenangan telak di Pilkada Jakarta 2024 dengan modal dukungan dari para tokoh agama.

KPU Jakarta Rilis Visi Misi Tiga Paslon Gubernur Jakarta, Mana Pilihan Kalian?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Daerah...

Bang Emil Siap Kerja Keras Siang Malam Demi Jakarta

Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Bang Emil mengungkapkan bahwa dirinya sudah mempunyai strategi untuk pemenangan di Pilkada Jakarta 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru