Jumat, 13 September 2024
Jumat, 13 September 2024

Hari Internasional Mengenang Perdagangan Budak dan Penghapusannya, 23 Agustus : Simak Sejarahnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Internasional Mengenang Perdagangan Budak dan Penghapusannya atau International Day for the Remembrance of the Slave Trade and its Abolition diperingati pada 23 Agustus di setiap tahunnya.

Hari besar tersebut diperingati untuk meningkatkan kesadaran khalayak umum mengenai bagaimana sadisnya tentang perdagangan budak itu sendiri.

Sejarah Hari Internasional Mengenang Perdagangan Budak dan Penghapusannya

Hari Internasional Mengenang Perdagangan Budak dan Penghapusannya mulanya ditetapkan oleh UNESCO pertama kali pada 1998 lampau.

Hari Internasional Mengenang Perdagangan Budak dan Penghapusannya itu sendiri dilatarbelakangi sejarah peristiwa yang terjadi pada 22-23 Agustus 1791 di Saint Domingue, Haiti, dimana hal itu awal dari pemberontakan mengenai perdagangan budak itu sendiri.

Hari Internasional Mengenang Perdagangan Budak dan Penghapusannya juga terus digaungkan UNESCO. Turut dibuat sebuah pryek bernama The Routes of Enslaved Peoples, yang bertujuan terkait perdangan budak dan penghapusannya, dimana proyek tersebut dibentuk pada 1994.

Proyek tersebut kemudian dijalankan untuk memberikan kontribusi nyata kepada produksi pengetahuan yang inovatif, pengemban jaringan ilmiah tingkat tinggi, dan dukungan berupa inisiatif ingatan tentang tema perbudakan, penghapusannya, dan perlawanan yang terjadi.

Hari Internasional Mengenang Perdagangan Budak dan Penghapusannya itu sendiri pertama kali diperingati pada 1998 di Haiti, kemudian di Kepulauan Goree pada 1999. Hingga saat ini, Hari Internasional Mengenang Perdagangan Budak dan Penghapusannya terus diperingati pada 23 Agustus.

Temukan kami juga di Google News dengan klik ikon bintang. Atau kamu bisa follow WhatsApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

HUT Pahlawan Nasional Chaerul Saleh, Pejuang Kemerdekaan Indonesia

Hari ini tanggal 13 September 1916 adalah hari lahir salah satu tokoh dan pahlawan nasional, Chaerul Saleh yang memiliki andil besar terhadap mengantkarkan Indonesia menuju kemerdekaan.

Hari Radio Republik Indonesia : Sekali di Udara Tetap di Udara

Negara Indonesia mempunyai hari khusus untuk memperingati Hari Radio Republik Indonesia yang disepakati dirayakan setiap tanggal 11 September.

Hari Aksara Internasional : Sejarah Perayaan Serta Tema Tahun Ini

Hari Aksara Internasional disebut hadir karena kekhawatiran masyarakat dunia, khususnya Amerika Serikat.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula Indonesia

Berita Terbaru