Rabu, 18 September 2024
Rabu, 18 September 2024
NewsEkobizBakal Naik 12 Persen Tahun Depan, Sri Mulyani Tegaskan Tak Semua Barang...

Bakal Naik 12 Persen Tahun Depan, Sri Mulyani Tegaskan Tak Semua Barang Kena PPN

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati menyampaikan ihwal rencana kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN) di tahun 2025, dari 11 persen menjadi 12 persen.

Hal tersebut disampaikannya dalam konferensi pers terkait Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025, pada Jumat (16/8).

Dalam kesempatan itu, Bendahara negara itu turut menyoroti adanya persepsi yang salah di masyarakat terkait PPN, dimana publik masih beranggapan bahwa semua barang dan jasa terkena pungutan PPN.

Padahal dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) yang menjadi dasar kenaikan PPN menjadi 12 persen tersebut, dijelaskan sejumlah barang tidak dipungut PPN.

“Jadi banyak masyarakat menganggap bahwa semua barang jasa itu kena PPN. Tapi sebetulnya di dalam undang-undang HPP sangat menjelaskan, barang kebutuhan pokok, pendidikan, kesehatan, transportasi itu tidak kena PPN,” ujar Sri Mulyani, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (16/8).

“Jadi kalau membayangkan PPN kemarin 10 persen ke 11 persen, dan di UU HPP akan jadi 12 persen, itu barang-barang itu tidak terkena PPN,” jelasnya.

Sri Mulyani lantas mengatakan bahwa dalam APBN, terdapat instrumen fiskal dalam yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya yakni instrumen fiskal berupa pembebasan PPN.

Hal ini, kata dia sebagai pelindung daya beli masyarakat agar tetap stabil di tengah kondisi global yang masih penuh dengan ketidakpastian.

“Jadi itu (pembebasan PPN) memproteksi, mereka dinikmati bahkan more lebih pada kelompok kelas menengah bahkan sampai ke atas dalam hal ini,” ujar Sri Mulyani.

“Jadi saya ingin menyampaikan bahwa APBN menjaga daya beli masyarakat agar konsumsi itu tetap terjaga stabil,” tutupnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Impor Pangan Melonjak, BPS Beber Penyebabnya

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat impor pangan, seperti komoditas beras Indonesia meningkat 1,50 persen selama periode Januari hingga Agustus 2024.

Dibuka Perkasa, IHSG Langsung Cetak Rekor Baru

Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG cetak rekor baru di awal pembukaan perdagangan hari ini, Rabu 18 September 2024.

Harga Emas Antam Hari Ini Bikin Lemas, Harganya Turun Jadi Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami penurunan tipis pada perdagangan hari ini, Rabu 18 September 2024.

IHSG Diramal Menguat Terbatas, Meski Banjir Sentimen Negatif

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bakal menguat terbatas pada perdagangan hari ini, Rabu (18/9) meski sentimen domestik terbaru relatif positif.