Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Terbitkan SP3, KPK Lepaskan Bos PT Duta Palma Surya Darmadi dari Jeratan Hukum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghentikan pengusutan kasus dugaan suap terkait pengajuan revisi alih fungsi hutan di Riau tahun 2014 yang menjerat tersangka bos PT Duta Palma, Surya Darmadi.

Melalui Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) yang diterbitkan KPK, Surya Darmadi lolos jeratan hukum atas kasus tersebut.

“SP3-nya benar,” ucap Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugiarto saat dikonfirmasi melalui pesan tertulis, seperti dikutip Holopis.com, Senin (12/8).

Penghentian kasus itu mengemuka dari Surat Pemberitahuan Penghentian Penyidikan Nomor B/360/DIK.00/23/06/2024 yang beredar dikalangan awak media.

Dalam surat yang ditandatangani oleh Direktur Penyidikan Asep Guntur Rahayu itu disebutkan, penghentian kasus itu sejak 14 Juni 2024 dengan alasan tidak cukup bukti.

Surya lepas dari jerat hukum pidana sebagaimana yang disangkakan dalam Pasal 5 ayat 1 huruf a atau b atau Pasal 13 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP atau Pasal 56 KUHP

Adapun Kuasa Hukum Surya Darmadi, Maqdir Ismail, membenarkan informasi tersebut. Maqdir turut mengirim SP3 yang diterima dari KPK.

“Kalau surat di atas saya belum tahu,” kata Tessa.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Bakal Lantik Pengganti Definitif Pramono Anung

Pihak Istana tidak menampik adanya peluang Presiden Jokowi (Joko Widdodo) untuk melantik Sekertaris Kabinet definitif pengganti Pramono Anung.

SBY Sambangi Prabowo Subianto Jelang Pelantikan

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendadak mendatangi kediaman Prabowo Subianto di kawasan Kertanegara, Jakarta.

Surya Paloh Copot Jabatan Ahmad Ali

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh secara resmi mencopot Ahmad Ali dari jabatannya sebagai wakil ketua umum.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru