Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi Ungkap Investasi yang Masuk IKN Capai Rp 55 Triliun

Jokowi Ungkap Investasi yang Masuk IKN Capai Rp 55 Triliun

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, total investasi yang masuk untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) per hari ini, Senin (12/8), telah mencapai Rp 55 triliun.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan pengantar dalam Sidang Kabinet Paripurna yang digelar perdana di IKN, pada Senin (12/8).

Kepala Negara mengatakan, angka tersebut di luar anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) yang dialokasikan untuk pembangunan ibu kota anyar di Kalimantan Timur (Kaltim) tersebut.

“Per hari ini perlu saya sampaikan bahwa sudah di luar anggaran dari ABBN, investasi yang masuk sudah Rp56,2 triliun dari Rp55 triliun yang sudah groundbreaking,” katanya, seperti dikutip Holopis.com di Jakarta, Senin (12/8).

Dia pun menyebut, bahwa nilai investasi tersebut merupakan akumulasi dari 55 proyek yang sudah grounbreaking, yang terdiri dari berbagai sektor. Diantaranya yakni sektor pendidikan ada enam, kesehatan ada tiga, ritel dan logistik ada sepuluh.

Kemudian ada pula proyek di sektor hotel berjumlah delapan, energi dan transport ada dua, kantor dan perbankan ada empat belas, union dan area hijau ada sembilan, serta media dan teknologi ada tiga proyek.

Lebih lanjut, Jokowi menekankan, bahwa ekonomi yang akan dikembangkan di Ibu Kota Nusantara merupakan ekonomi hijau hingga digital.

“Sekali lagi, (ekonomi yang dibangun) ekonomi hijau, ekonomi digital, data center, financial center, dan yang lain-lainnya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menekankan bahwa perpindahan Ibu Kota dari DKI Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN) bukan sekadar perpindahan fisik dari satu tempat ke tempat lain.

Dia menekankan, bahwa perpindahan ke IKN harus pula disertai dengan perpindahan pola pikir hingga pola kerja yang memungkinkan semua pekerjaan dapat dirampungkan di mana saja.

“Kepindahan ke Ibu Kota Nusantara ini juga sudah sering saya sampaikan, bukan pindah fisiknya yang penting, tetapi pindah pola pikir kita, pindah mindset kita, pindah pola kerja kita, bisa bekerja dari mana saja,” tandas Jokowi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.