Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Profil Airlangga Hartarto yang Mundur dari Ketum Partai Golkar

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dunia politik baru saja dikejutkan dengan kabar mundurnya sosok Airlangga Hartarto dari kursi Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar. Kabar tersebut diumumkan langsung olehnya melalui sebuah video.

Dalam pernyataannya, Airlangga menyebut keputusan dirinya mundur dari pucuk pimpinan Partai berlambang pohon beringin itu telah melalui pertimbangan yang matang.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim serta atas petunjuk Tuhan Yang Maha Besar, maka dengan ini saya menyatakan pengunduran diri sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar,” kata Airlangga dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Minggu (11/8).

Airlangga pun telah resmi meninggalkan kursi pimpinan tertinggi di Partai tertua di Indonesia sejak Sabtu, 10 Agustus 2024 malam kemarin.

Lantas seperti apa sih sosok Airlangga Hartarto, dan seperti apa background pendidikan dan perjalanan karier politik pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian tersebut.

Berikut ini profil lengkap Airlangga Hartarto :

Profil Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto diketahui lahir di Surabaya pada tanggal 1 Oktober 1962. Ia lahir dari pasangan Hartarto Sastrosoenarto dan R. Hartini Soekardi.

Tentu melihat nama sang ayah, sepak terjang Airlangga di dunia politik tak lepas dari nama Hartarto Sastrosoenarto yang merupakan salah satu orang kepercayaan presiden ke-2 Indonesia, Soeharto.

Tercatat Hartarto Sastrosoenarto pernah menjabat Menteri Perindustrian Kabinet Pembangunan VI, dan lalu berganti posisi menjadi Menteri Koordinator bidang Produksi dan Distribusi Kabinet Pembangunan VI.

Tidak sampai di situ, ayah Airlangga juga diketahui pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Pengawasan, Pembangunan, dan Pendayagunaan Aparatur Negara Kabinet Pembangunan VII.

Riwayat Pendidikan Airlangga Hartarto

Pria yang kini duduk di kursi Menko Perekonomian ini diketahui pernah bersekolah di SMA Kolese Kanisius, Jakarta. Sejak duduk di bangku SMA, Airlangga terbilang cukup aktif dalam kegiatan organisasi OSIS disekolahnya dan bahkan pernah menjabat sebagai Wakil Ketua.

Berlanjut ke bangku kuliah, Airlangga yang berkuliah di Universitas Gadjah Mada (UGM) mengambil jurusan Teknik Mesin juga aktif dalam berorganisasi. Dimana ia a pernah menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UGM.

Bahkan setelah lulus dari salah satu kampus negeri di Yogyakarta itu, ia pernah menjabat sebagai Ketua Keluarga Alumni Fakultas Teknik UGM.

Setelah lulus S1 dari jurusan Teknik Mesin di UGM, ia pun melanjutkan studinya di Monash University Australia dan berhasil meraih gelar MBA (Master in Bussiness Administration) pada tahun 1996.

Selain itu, ia juga memperoleh gelar Master of Management Technology di University of Melbourne, Australia pada tahun 1997 silam.

Sepak Terjang Politik Airlangga Hartarto

Airlangga memulai karier politiknya pertama kali pada tahun 1998, yakni dengan masuk ke dalam partai politik yang sama dengan sang ayah, yakni Partai Golkar. Kemudian di tahun 2004, ia mengemban jabatan sebagai Wakil Bendahara Partai Golkar periode 2004-2009.

Akhirnya pada tahun 2009, ia berhasil menempati salah satu kursi di parlemen DPR RI untuk periode 2009-2014, dimana kala itu ia menjabat Ketua Komisi VI DPR RI yang membidangi sektor perdagangan, perindustrian, koperasi, UKM, dan BUMN untuk periode 2009-2014.

Di kebanggaannya, yakni Partai Golkar, kedudukan Airlangga naik kasta menjadi Ketum Partai pada tahun 2017 yang bertahan hingga tahun ini, setelah ia terpilih kembali sebagai Ketum secara aklamasi oleh seluruh anggota Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar.

Posisinya sebagai Ketua Umum Partai Golkar dan mendukung Joko Widodo pada Pilpres 2014 membuatnya berhasil menduduki jabatan sebagai Menteri Perindustrian menggantikan Saleh Husein di Kabinet Indonesia Kerja 1 pada tahun 2016.

Hingga pada akhirnya, posisi Golkar yang kembali menjadi partai koalisi Pemerintahan Presiden Jokowi di periode kedua mengantarkan Airlangga menduduki kursi Menteri Bidang Perekonomian RI untuk periode 2019-2024.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Profil : Lily Collins, Si ‘Emily In Paris’ yang Berada di Puncak Karir

Artis Hollywood Lily Collins atau Lily Jane Collins saat ini semakin naik daun berkat perannya di serial populer Netflix, Emily In Paris.

Profil Anindya Bakrie, Ketua Umum Kadin Indonesia Baru

Anindya Bakrie telah resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, menggantikan Arsjad Rasjid.

Profil Ariel Tatum: Biodata, Karier, dan Kehidupan Sang Artis Multitalenta

Dengan kecantikan yang menawan dan kemampuan akting yang luar biasa, Ariel berhasil menjadi salah satu figur publik yang paling dikenal di Indonesia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru