Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tak Berpenghuni, Wisma Atlet Jakarta Berpeluang Jadi Rusun Sewa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wacana alih fungsi Wisma Atlet menjadi rumah susun sederhana semakin mencuat. Pemprov DKI Jakarta diharapkan segera untuk bersurat pengibahan Wisma Atlet, sebab kondisi wisma saat ini dalam keadaan tidak berpenghuni.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta, Sarjoko mengatakan wacana alih fungsi Wisma Atlet menjadi rumah susun sederhana sewa sangat memungkinkan.

“Terkait dengan wacana Wisma Atlet dengan rencana penggunaan sebagai rusunawa ataupun dikompilasikan dengan layanan rumah sakit tentu ini sangat memungkinkan,” kata Sarjoko saat dikonfirmasi Holopis.com, Jumat (9/8).

Hanya saja, kata dia, aset Wisma Atlet yang saat ini dimiliki pemerintah pusat perlu dihibahkan ke Pemprov DKI Jakarta.

“Keinginan komisi kan itu bisa dijadikan rusunawa kemudian digabungkan dengan layanan kesehatan. Tapi kan perlu proses yang panjang kan. Itu kan asetnya pemerintah pusat. Setelah prosesnya memang dicapai kesepakatan akan dihibahkan ke Pemprov DKI,” kata Sarjoko.

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmudah mengatakan, dia telah bertemu dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Pada pertemuan itu ia membahas tentang pemanaatan Wisma Atlet Kemayoran dan Wisma Atlet Pademangan.

“Memang waktu itu saya sudah ketemu langsung dengan Pak Basuki, memang Pak Basuki berharap bahwa, kan Wisma Atlet ada 2, Kemayoran dan Pedemangan, memang Pak Basuki berfikir bahwa yang 1 itu untuk ASN, jadi ASN nggak perlu tinggal di Bekasi, Depok dan sebagainya,” kata Ida seperti dikutip Holopis,com, Jumat (9/8).

Namun, Ida menyayangkan sampai saat ini Pemprov DKI Jakart belum bersurat ke Kementerin PUPR untuk meminta aset dihibahkan ke Pemprov DKI Jakarta.

Ida berharap Wisma Atlet itu segera dimanfaatkan. Sebab, kata dia, bangunan ini masih kosong tanpa penghuni.

“Memang dari pada itu bangunan kosong harus segera dimanfaatkan, sayang, kebetulan saya yang tinggal dekat situ kalau kosong agak seram kalau bangunan kosong,” tutur dia.

Ida meminta agar Pemprov DKI Jakarta segera mengirim surat kepada pemerintah pusat agar dihibahkan. Menurut Ida, Wisma Atlet Pademangan itu bisa dimanfaatkan sebagai rumah susun sewa untuk warga Jakarta.

“Jadi saya berharap ini segera difungsikan dan saya juga berharap sekali ladi Pemda DKI jangan malu bersurat kepada pemerintah pusat agar wisma atlet ini dihibahkan ke Pemda DKI agar bisa dijadikan rusunawa untuk masyarakat yang ada di DKI Jakarta,” sebut dia.

Sebelumnya, Kementerian PUPR hingga Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Sekretaris Negara Pratikno tengah membahas alih fungsi Wisma Atlet menjadi perumahan ASN dan kawasan komersil.

Kemudian, alih fungsi Wisma Atlet menjadi Rusun ASN akan ditetapkan lewat Instruksi Presiden (Inpres).

Wisma Atlet Kemayoran sebelumnya dibangun untuk mendukung pergelaran Asian Games 2018 dan sempat menjadi rumah sakit darurat serta isolasi pada masa merebaknya Covid-19.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru