Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kereta Trem Otonom Siap Diuji Coba di IKN

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perkeretapian (DJKA) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) mengungkapkan kesiapan sarana Trem Otonom (Autonomous Rail Transit – ART) atau kereta trem tanpa awak di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal pun menyatakan, sarana transportasi tersebut dinyatakan siap untuk dilakukan ujicoba di sekitar wilayah bakal calon Ibukota negara tersebut.

Untuk mendukung hal tersebut, kata Risal, saat ini jajaran DJKA tengah melakukan pengujian secara internal baik pada aspek sarana, prasarana dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang nantinya akan mengoperasikan ART ke depannya.

“Pengujian internal ini diharapkan dapat rampung selambatnya pada 9 Agustus 2024. Jika berjalan lancar, kami menargetkan ART sudah dapat diuji coba secara dinamis (bergerak) di rute pendek (loop kecil) pada 10 Agustus 2024,” terang Risal dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (6/8).

Risal merincikan, rute pendek atau loop kecil yang dimaksud merupakan rute ujicoba melingkar dari Gedung Kemenko 3 menuju Gedung Kemenko 2 dan kembali ke Gedung Kemenko 3 di kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Adapun proses ujicoba ini dilakukan dalam rangka kesiapan ART dalam menyambut upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-79 pada 17 Agustus 2024 yang rencananya dilangsungkan di IKN.

Fase ujicoba ini rencananya akan dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan sejak ujicoba dinamis guna mengetahui kelayakan operasional ART. Tahap selanjutnya, akan diakukan evaluasi bersama dengan DJKA dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) sebelum dipamerkan (showcase) untuk umum pada 10 Oktober hingga 31 Desember 2024 mendatang.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jokowi Resmikan Jalan Tol Jogja Solo Segmen Kartasura-Klaten

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo...

Dompet Dhuafa dan Titimangsa Gelar Teater Musikal untuk Palestina Bertajuk Tanah Yang Terpenjara

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Gencar menyuarakan kemanusiaan bagi Palestina, Dompet...

Menhub Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Transportasi Inklusif Terintegrasi DTKJ Awards 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru