Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024
NewsEkobizOJK : Perbankan Harus Ikut Satgas Anti Scam Center

OJK : Perbankan Harus Ikut Satgas Anti Scam Center

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal mewajibkan semua perusahaan perbankan untuk bergabung dalam Satgas Anti-Scam Center.

Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi mengatakan, hal itu dilakukan guna meningkatkan perlindungan masyarakat terhadap penipuan berbasis online.

“Iya harus ikut. Apalagi bank-bank yang sering digunakan untuk fraud & scam, kan nama banknya itu-itu saja. Bank yang besar lah pasti,” kata Kiki, sapaan akrab Frederica dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Sabtu (3/8).

Kiki menjelaskan inisiasi pemerintah dalam membentuk Satgas Anti Scam Online tersebut dilatarbelakangi oleh maraknya kasus penipuan (fraud dan scam) secara online atau digital yang dialami masyarakat.

Dia pun menyebut, penipuan digital yang kerap terjadi merupakan risiko yang dihasilkan dari inovasi digital yang terus berkembang hingga sekarang ini.

Oleh karenanya, diperlukan solusi aktif dari pemerintah dan pemangku kepentingan lain, terutama perbankan untuk dapat menindak aksi kejahatan tersebut.

“Ini sudah sangat sering terjadi hampir setiap hari kita mendengar orang, misalnya OTP-nya kecuri, uangnya hilang dan lain-lain. Ini sudah kita petakan, nanti datanya kita sampaikan bahwa dalam kurun waktu tiga tahun itu, angka kehilangan masyarakat dari fraud and scam itu sangat besar,” jelasnya.

Kiki mengatakan, Satgas Anti Scam Center ini sejatinya telah ada di banyak negara, seperti contohnya Singapura yang sudah lebih dulu membentuk Anti-Scam Center untuk melindungi masyarakat dari berbagai jenis penipuan online.

“Kita belajar di negara lain, bagaimana semua perbankan ini didudukkan di dalam satu ruangan, kemudian jika terjadi fraud and scam yang dilaporkan masyarakat bisa langsung kekejar. Semoga itu bisa recovery asset-nya lumayan,” ujarnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Hari Ini Naik, Tapi Cuma Segini

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan hari ini, Selasa 17 September 2024.

Harga Emas di Pegadaian Hari Ini Naik Tipis, Cek Rinciannya

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan hari ini, Selasa 17 September 2024.

IHSG Berpeluang Menguat, Cek Rekomendasi Sahamnya

Indeks harga saham gabungan (IHSG) berpeluang menguat pada perdagangan hari ini, Selasa (17/9), setelah libur panjang akhir pekan atau long weekend.

OJK Catat Total Kredit Berkelanjutan Perbankan Rp 1.959 Triliun

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan total kredit atau pembiayaan berkelanjutan Perbankan yang telah disalurkan hingga tahun 2023 mencapai Rp 1.959 triliun.