Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

TNI AU Dapat Tambahan Alutsista Radar Hingga Drone Bayraktar

HOLOPIS.COM, JAKARTA – TNI AU (Angkatan Udara) dipastikan akan mendapat tambahan alutsista untuk memperkuat pertahanan udara di Indonesia.

KSAU (Kepala Staf Angkatan Umum) Marsekal Tonny Harjono mengungkapkan, penamnbahan alutsista itu mulai dari ejumlah helikopter, pesawat angkut, hingga pesawat tempur.

Alutsista itu menurut Tonny, sebagian sudah beroperasi dan ada juga alutsista yang akan datang secara bertahap pada 2026.

“Kami sudah mendapatkan tambahan H225 helikopter Caracal yang sekarang sudah kami operasikan, ada delapan. Kemudian pesawat angkut. Ke depan, kami akan mendapatkan A400, yang lebih besar dari Hercules,” kata Tonny dalam keterangannya pada Kamis (1/8) seperti dikutip Holopis.com.

Tonny kemudian menjelaskan, saat ini pihaknya sudah memiliki lima pesawat Super Hercules C-130 tipe J.

“Kemudian pesawat tempur, sudah berproses, ada Rafale, kira-kira di 2026 awal alutsista itu akan datang,” ujarnya.

Tak hanya itu, tambahan alutsista krusial lainnya yang didatangkan yaitu 25 radar yang terbagi dari 13 radar Thales pabrikan Prancis dan 12 radar Excalibur buatan Ceko.

“Belum lagi persenjataan dari Kopasgat, semua dilengkapi,” imbuhnya.

Yang paling penting kemudian ketika ada alutsista drone Bayraktar TB2 pabrikan Turki yang akan segera didatangkan untuk menjaga pertahanan udara di Indonesia.

“Kita akan dapatkan produk tersebut Bayraktar TB 2, UAV yang berkemampuan MALE (medium altitude long endurance) dengan kemampuan LOS (land of sight) dan BILOS (beyond land of sight),” bebernya.

Atas penambahan alutsista tersebut, Tonny mengapresiasi upaya pemerintah yang melakukan modernisasi alutsista.

“Kita bersyukur pemerintah memberikan perhatian yang besar kepada AU untuk melaksanakan modernisasi alutsista, semua jenis alutsista kita mendapatkan,” ucapnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Satgas Pamtas Gagalkan Penyelundupan Sabu di Nunukan

TNI melalui Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 11 Kostrad mengamankan pelaku penyelundupan narkotika jenis sabu di Pelabuhan Tunon Taka, Kabupaten Nunukan.

TNI AL Gagalkan Penyelundupan Kosmetik Ilegal di Tarakan

TNI AL melalui Lantamal XIII Tarakan mengamankan sejumlah pelaku penyelundupan kosmetik ilegal melalui wilayah perairan Kota Tarakan, Provinsi Kalimatan Utara.

TNI Gagalkan Penyelundupan Pakaian Bekas di Nunukan, Tapi Pelaku Kabur

TNI dari Satgas Pamtas Yonarmed 11 Kostrad Pos Aji Kuning dan Satgas Intel Dam VI/Mulawarman berhasil menggagalkan upaya penyelundupan lima bal pakaian bekas (balpress) di wilayah perbatasan RI-Malaysia.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru