Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Istana Pastikan Jokowi Tak Intervensi Pansel KPK

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pihak Istana menepis bahwa Presiden Jokowi (Joko Widodo) telah melakukan intervensi atau cawe-cawe dalam seleksi calon pimpinan KPK.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menegaskan, Presiden Jokowi sepenuhnya telah menyerahkan proses seleksi dilakukan oleh Pansel (panitia seleksi).

“Oh nggak, KPK urusan pansel lah,” kata Pratikno dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (1/8).

Pratikno menjelaskan bahwa Presiden Jokowi nantinya hanya akan menerima laporan usai proses seleksi dilakukan oleh Pansel KPK. Selanjutnya, Presiden kemudian membuat surat untuk diteruskan ke DPR guna disahkan.

“Pansel kemudian nanti dilaporkan ke presiden, presiden menulis surpres kepada DPR surat presiden kepada DPR, seperti biasa kemudian pemilihan kan dilakukan DPR dari calon-calon yang sudah dipilih oleh pansel,” jelasnya.

Diketahui, Pansel Capim KPK telah menggelar tes tertulis bagi capim KPK. Dari 236 pendaftar yang lolos seleksi administrasi, tercatat ada 229 peserta yang mengikuti tes tertulis.

Hasil Seleksi Capim KPK Diumumkan Pekan Depan

Sekadar diketahui Sobat Holopis, bahwa Panita Seleksi Capim dan Dewas KPK akan mengumumkan hasil tes tertulis pada Kamis (8/8) pekan depan.

Pengumuman dilakukan usai ratusan capim KPK selesai mengikuti tes tertulis di Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat.

“Nama-nama peserta yang dinyatakan lulus tes tertulis akan diumumkan pekan depan. Tepatnya pada 8 Agustus 2024,” kata Anggota Pansel Capim KPK Elwi Danil di Gedung Pusat Pengembangan Kompetensi ASN Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Rabu (31/7).

Pengumuman akan diunggah melalui www.setneg.go.id. Kemudian juga akan diunggah di website www.kpk.go.id. Ia mengatakan, tes tertulis ini akan dikoreksi secara serius tim yang dipilih Pansel. Menurutnya, setiap pertanyaan tes tertulis capim KPK memiliki bobot nilai sebesar 100.

“Pokoknya hasil jawaban tes tertulis ini akan diperiksa dan dinilai oleh proofreader yang ditunjuk panitia seleksi. Mereka semua dari kalangan akademisi dan orang-orang yang ahli di bidangnya,” terangnya.

Daftar Pansel KPK 2024

Ketua : Dr. Muhammad Yusuf Ateh
Wakil Ketua : Prof Dr. Arief Satria

Anggota :
– Dr. Ivan Yustiavandana, S.H., LL.M.
– Nawal Nely, S.E, M.BA.
– Prof. Ahmad Erani Yustika, S.E., M.Sc., Ph.D
– Dr. Y. Ambeg Paramarta, S.H., M.Si.
– Prof. Dr. Elwi Danil., S.H., M.H.
– Rezki Sri Wibowo, M.Sc.
– Taufik Rachman, S.H., LL.M., Ph.D

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kapolri Dituntut Cobot Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Serdadu Muda Nusantara (Sedara) melakukan aksi...

APBMI Pastikan Bisnis Batu Bara Tan Paulin Tak Ada Campur Tangan Rita Widyasari

Pengusaha batubara Tan Paulin disebut menjalankan bisnis batu bara secara profesional.

BNN Bongkar Jaringan Narkoba Malaysia

Dalam operasi yang dilakukan sepanjang bulan Agustus, BNN berhasil membongkar jaringan peredaran narkotika asal Malaysia yang menyusupkan barang haram tersebut melalui Aceh untuk kemudian diedarkan ke Sumatra Utara dan Sumatra Selatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru