Hari Kanker Paru-paru Sedunia, 1 Agustus : Begini Sejarah dan Faktanya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Kanker Paru-Paru Sedunia diperingati pada 1 Agustus di setiap tahunnya, dimana peringatan hari besar tersebut diawali dari sebuah gebrakan American College Of Chest Physicians (CHEST) bersama dengan anggota Forum of International Respiratory (FIRS) pada tahun 2012 lalu.

Hal itu dihadirkan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker paru-paru serta dampak yang ditimbulkannya secara global.

Kemudian, ditetapkanlah peringatan khusus untuk Hari Kanker Paru-Paru sedunia atau World Lung Cancer Day yang jatuh pada setiap tanggal 1 Agustus agar kampanye tersebut bisa semakin luas jangkauannya.

Kemudian, dari peringatan ini, FIRS dan CHEST turut mengedukasi publik tentang langkah-langkah penanganan kanker paru pada korban serta mengetahui faktor risiko yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit tersebut.

Lantas, apa saja fakta dari penyakit tersebut di seluruh dunia, sebagai berikut :

Kanker paru menjadi penyebab kematian terbesar dari segala jenis kanker

Kanker paru-paru adalah suatu kondisi medis ketika sel-sel tumbuh secara tidak terkendali di dalam paru-paru. Penyakit ini adalah jenis kanker yang paling umum di dunia dan menjadi penyebab utama kematian akibat kanker.

Lebih dari 1 juta orang tewas akibat kanker paru

Menurut data Global Cancer Statisic, tercatat kanker paru-paru telah merenggut setidaknya 1.796.144 juta jiwa pada 2 tahun silam.

Kanker paru bukan penyakit menular

Kanker paru-paru dipastikan bukan sebuah penyakit yang dapat menular, namun termasuk dalam penyakit yang disebabkan oleh gangguan metabolic dalam tubuh.

Sementara, sebuah laporan dari World Health Organization, pada Senin (1/8), menyatakan bahwa jenis kanker ini disebabkan oleh kerusakan gen.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Aksara Internasional : Sejarah Perayaan Serta Tema Tahun Ini

Hari Aksara Internasional disebut hadir karena kekhawatiran masyarakat dunia, khususnya Amerika Serikat.

Sejarah Hari Palang Merah Indonesia

Hari Palang Merah Indonesia (PMI) diperingati setiap tanggal 3 September untuk menghormati dan mengenang pendirian serta kontribusi penting dari organisasi kemanusiaan ini.

Hari Penghilangan Paksa Internasional, Momentum Penghormatan bagi Korban Hilang

Setiap tanggal 30 Agustus, dunia memperingati Hari Penghilangan Paksa Internasional, atau yang dalam bahasa inggris yakni International Day of the Victims of Enforced Disappearances).
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru