Begini Persiapan Pasukan Upacara HUT RI Perdana di IKN

HOLOPIS.COM, BALIKPAPAN – Sebanyak 100 orang personil gabungan Polda Kalimantan Timur melaksanakan latihan untuk persiapan pasukan 17 – Agustus – 2024 mendatang, yang untuk pertama kalinya dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

100 orang yang terpilih ini telah melewati seleksi dari tinggi badan, berat badan hingga kesehatan. Mereka yang terdiri dari 4 pleton pria dan 1 pleton wanita terhitung sudah melaksanakan latihan di Mako Brimob Balikpapan, selama 3 minggu.

Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim, Kombes Pol Andy Rifay mengungkapkan bahwa pihaknya tidak menemukan kendala yang berarti selama latihan berlangsung.

“Alhamdullilah tidak ada kendala, semua berjalan lancar mudah-mudahan nanti pas pelaksanaan bisa berjalan lebih baik lagi,” tuturnya saat ditemui Holopis.com di sela-sela pengecekan pasukan, Selasa (30/7).

Dia mengungkapkan, bahwa pola latihan yang diterapkan disesuaikan dengan keadaan lapangan, dimulai dari pembinaan fisik, Peraturan Baris-berbaris (PBB), pembinaan mental hingga latihan kesehatan.

“Nanti karena pelaksanaannya pada jam 11.00 pas matahari sedang terik-teriknya jadi fisik memang harus kuat, dan mereka ini adalah gabungan dari seluruh satker yang ada di Polda Kaltim,” terangnya lagi.

Andy menambahkan, seluruh pasukan yang terlibat dalam upacara HUT Ri di IKN merupakan petugas organik yang bertugas di wilayah hukum Kalimantan Timur, khususnya Balikpapan.

Sementara itu, salah satu peserta, Bripda Ega Sofia Amanda mengaku merasa sangat senang bisa terpilih menjadi salah satu polwan yang menjadi bagian dari pengukiran sejarah upacara 17 Agustus yang pertama kalinya dilaksanakan di luar istana, walaupun harus berpanas-panasan.

Ega, sapaan akrabnya mengaku telah berlatih selama satu bulan lamanya. Kegiatan pembinaan fisik yang ia ikuti dimulai dari lari, sit up, push up hingga gerakan mematung, yang dilaksanakan selama 1,5 jam setiap harinya.

“Capek sudah pasti ya tapi kita semangat karena pertama kali dilaksanakan upacara di IKN dan kita pasukan pertama yang punya kesempatan tampil disana,” tuturnya tersenyum.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kepala Desa Runtu Diseret Warga dan Diusir dari Kantor

Seorang Kepala Desa bernama Julian Syahri diseret warganya sendiri saat berada di ruangan kantorna di Desa Runtu, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah.

Satgas Yonarmed 11 Kostrad Gagalkan Penyelundupan Miras dan Kosmetik Ilegal

HOLOPIS.COM, NUNUKAN - Prajurit Satuan Tugas Pengamanan Perbatasaan RI-Malaysia,...

Aparat Gabungan Gagalkan Penyelundupan 76 Gram Sabu di Pelabuhan Tunon Taka

HOLOPIS.COM, NUNUKAN - Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonarmed 11...
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru