Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Uji Coba Terbang Sky Taxi Malah Tak Boleh Diliput, Ada Apa Gerangan ?

HOLOPIS.COM, SAMARINDA – Setelah cukup lama terparkir di hanggar Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto Samarinda, Kalimantan Timur, Sky Taxi atau Taksi Terbang akhirnya menjalani uji coba terbang perdana pada hari Senin (29/7).

Taksi terbang ini merupakan buatan perusahaan otomotif asal Korea Selatan, Hyundai Motor Group.

Sayangnya uji coba terbang ini tertutup untuk media massa. Acara seremonial uji terbang perdana ini dilakukan di hanggar.

Saat uji tersebut, sejumlah media massa yang diundang Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tak bisa masuk ke dalam hanggar. Meski tak masuk, beberapa wartawan yang menunggu di depan hanggar mencoba merekam taksi terbang yang sedang terbang.

“Kami didatangi petugas keamanan bandara dan dilarang merekam. Padahal posisi kami di luar hanggar dan sedang menyaksikan taksi terbang itu terbang,” kata Harpiah, wartawan media lokal di Kaltim kepada Holopis.com.

Seorang wartawan lain yang ikut rombongan Otorita IKN yang berada di dalam hanggar juga dilarang mengambil gambar. 

“Don’t take a picture,” kata jurnalis tersebut menirukan suara seseorang yang melarangnya diduga salah satu dari pegawai Hyundai terlihat dari perawakannya mirip orang Korea. 

Setelah uji coba selesai dan taksi terbang kembali ke hanggar dan langsung ditutup tirai hingga tak terlihat sama sekali. Wartawan kemudian diperbolehkan masuk untuk sesi konferensi pers.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammaed Ali Berawi menjelaskan, saat uji terbang, taksi terbang sempat membentuk rute angka 8. Total terbang saat uji coba berlangsung sekitar 10 menit .

“Tadi uji coba berjalan dengan lancar dan baik. Jadi ini prototype dari Sky Taxy Hyundai dari versi terbarunya. Di mana ada 5 passenger, 4 penumpang 1 pilot,” kata Ali saat sesi konferensi pers kepada wartawan.

Uji coba ini merupakan bagian dari proof of concept (POC) yang memang direncanakan. Rencananya bulan depan akan kembali dilakukan bersama trem otonom di Ibu Kota Nusantara.

“Uji coba lanjutan insya Allah POC kedua akan dilaksanakan bulan depan di IKN dengan trem otonom. Insya Allah trem otonom sudah tiba di Balikpapan,” sambung Ali.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dasco : Kader Gerindra yang Masuk Kabinet Cuma Sedikit

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebut bahwa komposisi kabinet Prabowo-Gibran saat ini sudah mulai terbentuk.

Pesan Nawawi ke Pimpinan KPK Mendatang : Berintegritas dan Bukan Perwakilan Pemerintah

Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango berharap agar pimpinan lembaga anti rasuah mendatang bisa memiliki perbedaan dengan sebelumnya.

Istana Tegaskan Koordinasi Pemerintah dengan KPK Berjalan Baik

Pihak Istana membantah pernyataan Nawawi Pomolango terkait susahnya untuk bertemu dan berkoordinasi dengan Presiden Jokowi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru