Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jelang Pilkada 2024, Menko Polhukam Ingatkan Pentingnya Sinergitas

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mengingatkan pentingnya sinergitas seluruh elemen masyarakat serta pemerintah dalam mensukseskan Pilkada Serentak 2024.

Terlebih pada tahun ini, untuk pertama dalam sejarah bangsa Indonesia, Pilkada dilaksanakan secara serentak di 545 daerah di Indonesia, yang terdiri dari 37 provinsi dan 58 kabupaten/kota.

Disamping itu, menurut Menko Hadi, hal itu juga berdampak pada peningkatan ancaman baik ancaman missinformasi dan polarisasi sosial, politik dan akan mengganggu proses demokrasi apabila tidak dilakukan upaya mitigasi bersama.

“Oleh karena itu, kita harus mampu menempatkan peran kita masing-masing sesuai dengan tugas dan fungsi Kementerian lembaga atau instansi, melalui satu bentuk yang namanya sinergitas,” katanya dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 wilayah Bali dan Nusa Tenggara, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (30/7).

“Dan kegiatan ini adalah kegiatan yang pertama kali kita lakukan menjelang pilkada serentak karena hal-hal yang perlu kita sampaikan, kita samakan harus selesai sebelum pelaksanaan pilkada serentak nantinya di bulan November Tahun 2024,” sambungnya.

Hadi mengatakan, berdasarkan PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wali Kota Tahun 2024, pilkada serentak akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang di 545 daerah.

Sehingga, kata Hadi, diperlukan adanya langkah strategis melalui sinergitas antar pemerintahan dan penyelenggara pemilu dan peserta pemilu, agar penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai.

“Itulah sebabnya kita berkumpul bersama di tempat ini termasuk juga kita selalu berkoordinasi terkait dengan Gakkumdu,” tegasnya.

Menko Hadi mengingatkan kepada seluruh lembaga terkait, baik itu Bawaslu, Kejaksaan dan Polri untuk saling bersinergi, apabila ada sengketa di Pilkada.

“Kita semua tentunya mengharapkan dalam setiap tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024 akan berjalan dengan lancar dan aman, serta tidak adanya kendala apa pun dalam pelaksanaannya,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Polres Jaksel Benarkan Nikita Mirzani Jemput Loly untuk Visum

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pasca melaporkan Vadel Badjideh ke Polres Metro Jakarta...

Jerry Massie Sarankan Budi Arie Mundur, Tak Becus Urus Serangan Siber dan Judol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur eksekutif Political and Public Policy...

Habib Syakur Sarankan Rizieq Shihab Tak Perkeruh Suasana

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru