Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Pesan Jokowi ke Basuki soal IKN : Jangan Sampai Masyarakat Merasa Tergusur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sejumlah pesan terhadap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono.

Dalam pesannya, Kepala Negara itu menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan IKN di Kalimantan Timur tersebut. Ia mewanti-wanti agar dalam penataan IKN, masyarakat sekitar merasa di usir dari tanah kelahirannya.

“Jadi jangan sampai masyarakat merasa tergusur. Tapi kalau bisa kalau memang harus direlokasi dicarikan tempat yang lebih baik,” ungkap Basuki dalam keterangan persnya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (29/7).

Selain itu, Presiden Jokowi juga berpesan agar investasi di IKN dikelola dengan cepat dan efisien. Presiden mengingatkan pentingnya kelengkapan perjanjian kerja sama (PKS) sebelum melakukan groundbreaking selanjutnya.

“Sehingga sekarang kalau dengan PKS mereka sudah mulai membayar kontribusi itu dan kita masukkan dalam rekening sementara yang tidak akan dipakai oleh OIKN. Belum boleh dipakai,” ucap Basuki.

Terkait Badan Usaha Milik Otorita (BUMO), Basuki mengungkapkan bahwa badan usaha tersebut akan difokuskan untuk mendukung pengembangan dan menciptakan keramaian di IKN.

Adapun pengembangan dan penciptaan keramaian yang dimaksud, seperti membangun bisokop, theater, hingga pemanfaatan infrastruktur yang sudah dibangun.

“Termasuk misalnya kebun binatang, maksudnya yang bangun kebun binatang itu ditugaskan nanti kepada BUMO. Jadi sudah lebih jelas lagi,” tutur Basuki.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi juga melaporkan tugasnya dalam menata transportasi di IKN, dimana ia mengungkapkan bahwa kereta api ringan (ART) telah tiba di Balikpapan dan akan diuji coba pada 5 Agustus 2024 mendatang.

Menhub Budi juga menyinggung terkait adanya potensi keterlambatan dalam pembangunan bandara di IKN. Namun Jokowi, kata dia, menegaskan bahwa setiap pekerjaan pembangunan di IKN tidak boleh terlalu dipaksakan.

“Itu suatu poin yang baik melegakan karena kita tidak akan melakukan satu kegiatan konstruksi. Itu secara profesional harus kita pertanggungjawabkan sebagai pemerintah,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jalan Tol Jogja-Solo Tahap I Segmen Kartasura-Klaten Lolos Uji Laik Fungsi dan Operasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), selaku...

BNPB : Ratusan Warga Terdampak Gempa Bandung Raya

BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengungkapkan data terbaru pasca bencana gempa berkekuatan 5,0 M yang melanda kawasan Bandung Raya, Provinsi Jawa Barat.

Waskita Karya Garap 24 Bendungan, Progres 2 proyek Sudah Tembus 90 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA -  PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru