Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Mentan Amran Klaim Indonesia Sudah Capai Swasembada Pangan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman mengungkapkan, bahwa Indonesia saat ini telah mencapai swasembada pangan.

Klaim itu disampaikan Amran dengan melihat data ekspor Indonesia, dimana untuk sejumlah kelompok pangan seperti unggas dan telur telah mencatatkan surplus.

“Dalam hal unggas dan telur, dengan senang hati saya sampaikan bahwa Indonesia telah mencapai swasembada dan mulai mengekspor surplusnya,” kata Amran dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Minggu (27/7).

Namun Amran tak cukup puas dengan capaian. Dia menegaskan, bahwa pemerintah saat ini tengah menggencarkan unpaya-upaya untuk mencapai swasembada beras di tengah ancaman perubahan iklim.

Ia menekankan, bahwa pemerintah akan terus berupaya meningkatkan produksi pangan demi mencapai cita-cita bangsa, yakn menjadi pemasok pangan global pada tahun 2033 mendatang.

“Indonesia bercita-cita menjadi pemasok pangan global pada tahun 2033. Untuk mencapai tujuan tersebut, peningkatan produksi pangan sangat penting,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Amran mendorong perluasan areal tanam melalui optimalisasi lahan rawa untuk penanaman padi sekali dalam setahun, serta sistem tanam terpadu pada lahan sawah dataran rendah (padi gogo) di areal perkebunan.

Indeks tanam pun turut ditingkatkan dengan optimalisasi lahan rawa untuk penanaman padi 2-3 kali dalam setahun dan pompanisasi yakni memanfaatkan pompa air untuk mengairi lahan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jalan Tol Jogja-Solo Tahap I Segmen Kartasura-Klaten Lolos Uji Laik Fungsi dan Operasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ), selaku...

BNPB : Ratusan Warga Terdampak Gempa Bandung Raya

BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) mengungkapkan data terbaru pasca bencana gempa berkekuatan 5,0 M yang melanda kawasan Bandung Raya, Provinsi Jawa Barat.

Waskita Karya Garap 24 Bendungan, Progres 2 proyek Sudah Tembus 90 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA -  PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru