Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Hari Hepatitis Sedunia, 28 Juli : Simak Tema dan Sejarah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Hepatitis Sedunia atau World Hepatitis Day diperingati pada tanggal 28 Juli di setiap tahunnya.

Ada pun peringatan Hari Hepatitis Sedunia ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat mengenai pengetahuan, pentingnya, dan bagaimana mencegah yang namanya penyakit hepatitis.

Lantas, seperti apa sejarah Hari Hepatitis Sedunia, dan apa tema yang disematkan untuk tahun ini? Berikut selengkapnya :

Sejarah Hari Hepatitis Sedunia

Hari Hepatitis Sedunia diperingati 28 Juli, dimana tanggal tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun seseorang bernama Dr Baruch Blumberg.

Dr Blumberg sendiri merupakan sosok yang menemukan virus hepatitis B untuk pertama kalinya dalam sejarah pada 1967 silam. Dr Blumberg lahir pada tahun 1925 yang kemudian wafat pada 2011 lalu.

Dua tahun setelah Dr Blumberg menemukan virus hepatitis B tersebut, lalu ia mengembangkan virus tersebut tuk pertama kalinya juga.

Berkat penemuan dan pengembangannya hepatitis B itu pula, Dr Blumberg sempat mendapatkan pengharagaan Nobel. Dengan begitu, 28 Juli lah ditetapkan sebagai Hari Hepatitis Sedunia

Tema Hari Hepatitis Sedunia

Dikutip Holopis.com dari WHO, Hari Hepatitis Sedunia 2024 mengusung tema ‘It’s Time For Action’ atau ‘Waktunya untuk Bertindak’.

Ada pun maksud disematkannya tema tersebut yakni agar masyarakat bisa melakukan tindakan terhadap adanya penyakit hepatitis itu sendiri.

WHO kemudian mencatat bahwa kini ada 304 juta orang hidup dan mengalami menyakit Hepatitis B dan C kronis sejak 2022.

Kemudian dari tahun 2022 itu juga, sudah ada 1,3 juta orang meninggal dunia. Untuk itu, tema tersebut diambil sebagai pengingat sekaligus menyadarkan masyarakat mengenai adanya penyakit hepatitis tersebut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.

Hari Demokrasi Internasional : Makna dan Sejarahnya

Hari Demokrasi Internasional yang biasa disebut International Day of Democracy memiliki makna tersendiri dalam peringatan setiap tahunnya.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru