Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Amalan Sunnah Sebelum Tidur Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW

  1. Tidur Menghadap ke Kanan

Posisi tidur yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah menghadap ke kanan. Hal ini tidak hanya sunnah, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan.

عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الْأَيْمَنِ.

Terjemahan : “Dari Al-Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata: Nabi SAW bersabda: ‘Jika kamu mendatangi tempat tidurmu, maka berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaringlah di sisi kananmu.’” (HR. Bukhari dan Muslim).

  1. Membaca Doa Sebelum Tidur

Rasulullah SAW juga mengajarkan beberapa doa sebelum tidur. Doa ini tidak hanya memberikan ketenangan, tetapi juga sebagai bentuk penghambaan dan tawakkal kepada Allah SWT.

عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا أَخَذَ مَضْجَعَهُ مِنَ اللَّيْلِ وَضَعَ يَدَهُ تَحْتَ خَدِّهِ، ثُمَّ يَقُولُ: اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَمُوتُ وَأَحْيَا.

Terjemahan : “Dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu berkata: ‘Nabi SAW ketika hendak tidur di malam hari, beliau meletakkan tangannya di bawah pipinya, kemudian berdoa: “Allahumma bismika amuutu wa ahyaa” (Ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan hidup).’” (HR. Bukhari).

Mengamalkan sunnah-sunnah sebelum tidur tidak hanya mendekatkan kita kepada Allah SWT, tetapi juga memberikan ketenangan batin dan perlindungan dari berbagai gangguan.

Mari kita biasakan diri untuk mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW dalam setiap aspek kehidupan kita, termasuk dalam hal tidur, agar hidup kita selalu diberkahi dan diridhoi oleh Allah SWT.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pentingnya Meneladani Sifat dan Karakter Rasulullah Muhammad SAW

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Rasulullah Muhammad SAW adalah sosok yang...

Maulid Nabi Muhammad SAW: Sejarah Kelahiran dan Perayaannya

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Maulid Nabi Muhammad SAW adalah salah...

Maulid Nabi 2024, Berikut Bacaan Barzanji Lengkap Beserta Latinnya

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan momen yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Pada tahun ini, Maulid Nabi jatuh pada Senin, 16 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru