Ini Bahan Alami yang Bisa Atasi Gatal pada Kulit

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gatal pada kulit tentu bisa mengganggu kita saat beraktivitas. Tak hanya itu, bahkan gatal membuat kita terus menerus untuk menggaruknya yang kemudian berakibat fatal, mulai dari luka hingga infeksi karena kuman.

Meredakan atau menghilangkan gatal pada kulit dengan cara menggaruk tentu bukan sebuah solusi, justru bisa mengakibatkan seperti kulit kering, hingga luka.

Berikut ini sejumlah bahan alami yang bisa diaplikasikan pada kulit yang gatal, seperti dikutip Holopis.com dari Halodoc :

  1. Lidah Buaya

Menurut Iranian Journal of Medical Sciences dengan judul The Effect of Aloe Vera Clinical Trials on Prevention and Healing of Skin Wound: A Systematic Review, mengoleskan gel lidah buaya bisa membantu meredakan iritasi karena kulit gatal atau kulit kering.

Kandungan dalam tanaman ini membantu melembapkan dan menjaga tingkat air di dalam kulit tetap tercukupi.

  1. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa aktif bernama kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan bakterisida. Senyawa ini yang membantu untuk mengobati peradangan dan gatal pada kulit.

Namun, krim kunyit dalam penelitian tersebut juga mengandung ramuan antiinflamasi lainnya, yang berkontribusi pada perbaikan.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa tidak hanya memiliki sifat antiinflamasi, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat gatal pada kulit. Bahan alami ini membantu menghilangkan rasa sakit karena peradangan.

Mengoleskan minyak ini juga membantu meningkatkan kadar antioksidan. Fungsinya menstabilkan radikal bebas dan mengatasi peradangan pemicu gatal-gatal.

  1. Madu

Obat gatal pada kulit selanjutnya adalah madu. Madu menjadi salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk melembapkan kulit. Saat kelembapan kulit terjaga, maka kamu akan terhindar dari kondisi gatal.

  1. Minyal Almond

Selain baik untuk menjaga kadar kolesterol, minyak almond juga berguna untuk meredakan gatal-gatal pada kulit. Minyak ini baik untuk merawat kulit akibat psoriasis dan eczema

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tak Sekadar Aroma, Daun Pandan Juga Bisa Bikin Cantik

Dikenal karena aroma khasnya yang harum, daun pandan bukan hanya menambah kelezatan hidangan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi kecantikan dan kesehatan.

4 Tanda Demam yang Harus Diperiksa ke Dokter

Demam adalah respons tubuh terhadap infeksi atau kondisi medis lainnya, dan seringkali dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang berjuang melawan penyakit.

Resmikan RS Khusus, Jokowi Harap Bisa Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menaruh harapan besar dengan telah diresmikannya Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru