Perdana di Indonesia, MRT Jakarta Gelar Mobility Payment Asia Pacific 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – MRT Jakarta (Perseroda) menyelenggarakan konferensi Mobility Payment Asia Pacific 2024 pertama di Indonesia.  Konferensi ini dihadiri oleh sekitar 200 peserta dari berbagai pelaku industri sistem pembayaran digital di dunia.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda), Tuhiyat mengatakan, konferensi ini merupakan konferensi pertama di Indonesia yang berhasil diselenggarakan MRT Jakarta berkolaborasi dengan APSCA, serta Asosiasi Independen Global dalam sektor industri identitas dan pembayaran digital. 

“Sebagai anggota APSCA, MRT Jakarta secara aktif berkoordinasi untuk berbagi pengetahuan, praktik terbaik, serta inovasi dengan beragam anggota lain seperti penyedia sistem pembayaran maupun praktisi kebijakan tentang penerapan sistem pembayaran digital,” kata Tuhiyat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (26/7). 

Konferensi yang dihadiri oleh sekitar 200 peserta dari berbagai pelaku industri sistem pembayaran digital di dunia ini mengusung tema “Payments Inclusivity in Public Transport Systems”. 

Peserta mengikuti beragam program seperti diskusi, mendengarkan hasil penerapan berbagai sistem pembayaran oleh berbagai operator metro dan bus dari sejumlah negara, membangun jejaring, dan kunjungan lapangan ke berbagai operator transportasi publik di Jakarta. 

“Selain itu, selama konferensi peserta juga  mengunjungi gerai 10 perusahaan penyedia sistem pembayaran dari dalam dan luar Indonesia yang hadir menyediakan inovasi terbaru,” tuturnya. 

Dikatakan Tuhiyat, bersama dengan APSCA. Saat ini, PT MRT Jakarta (Perseroda) fokus terhadap empat pilar bisnis digital, yaitu sistem pembayaran, retail and commerce, ridership and hospitality, dan e-office/e-destination and e-governance. 

“Sebelum pandemi, penggunaan sistem pembayaran berbasis server berkontribusi sebesar tiga persen dari total angka keterangkutan MRT Jakarta. Pascapandemi, angkanya naik menjadi 19 persen. Oleh karena itu, MRT Jakarta mendorong penerapan lebih banyak lagi pembayaran digital berbasis server melihat berbagai manfaat yang diperoleh oleh pelanggan MRT Jakarta,” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Chairman APSCA Greg Pote, menyampaikan bahwa MRT Jakarta memiliki potensi besar dalam digitalisasi pembayaran.

“MRT Jakarta sebagai pionir sistem perkeretaapian perkotaan modern berpotensi besar dalam pasar digital payment di Indonesia. Saat ini kita tahu bahwa MRT Jakarta telah menyediakan beragam metode pembayaran bagi pelanggannya, seperti kartu uang elektronik keluaran bank, kartu kredit dan tunai, kode QR, hingga berbasis server (dompet digital). Berbagai metode ini disediakan sesuai dengan prinsip inklusifitas yang diterapkan di seluruh ekosistem MRT Jakarta”m,” tuturnya.

Adapun dalam konferensi Mobility Payment Asia Pacific 2024 kali ini terdapat berbagai gerai dari mitra kolaborator antara lain, Vendotek, Linxens, infineon, MSI Global, Paycraft, kenkart, MSI Global, Asis, dan Bank DKI.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jabatan Heru Segera Berakhir, Siapa Penggantinya?

Masa jabatan Pejabat Gubernur Daerah Khusus Jakarta, Heru Budi Hartono akan segera berakhir pada 17 Oktober 2024 mendatang. Hingga saat ini pembahasan siapa yang menjadi pengganti Heru masih terus bergulir di DPRD Jakarta. 

Cuaca Jakarta Hari Ini Diramal Cerah Berawan di Akhir Pekan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkait prakiraan cuaca Jakarta di akhir pekan ini, Sabtu 7 September 2024.

Pemprov DKJ Resmikan Masjid Ar-Raudhah, Simbol Kolaborasi

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur Daerah Khusus Jakarta...
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru