RESEP : Pie Apel Rumahan, Paling Enak Disantap Selagi Hangat

HOLOPIS.COM, JAKARTA Pie apel adalah salah satu hidangan klasik yang tak pernah lekang oleh waktu dalam dunia kuliner. Bagi yang sering nongrong, pasti ini pernah menjadi salah satu menu pilihan.

Dengan perpaduan antara rasa manis apel yang segar dan gurihnya lapisan kulit pai yang renyah, pai apel menjadi pilihan yang sempurna untuk dinikmati di segala kesempatan.

Baunya yang memikat saat keluar dari oven, disertai dengan tampilannya yang memikat dengan warna emas kecoklatan yang menggoda, menjadikan pai apel sebagai sajian yang disukai oleh banyak orang dari berbagai usia.

Ini dia resep pie apel untuk bikin sendiri di rumah.

Bahan:

Kulit Pai:

  • 1 1/4 cangkir tepung terigu serba guna
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1/2 cangkir mentega dingin, potong dadu
  • 1/4 cangkir minyak sayur
  • 2-4 sendok makan air dingin, sesuai kebutuhan

    Isian Pai:
  • 6-7 apel tart, seperti Granny Smith, dikupas, buang bijinya, dan dipotong tipis
  • 1/2 cangkir gula pasir
  • 1/4 cangkir gula merah
  • 1 sendok makan tepung terigu serba guna
  • 1 sendok teh kayu manis bubuk
  • 1/4 sendok teh garam
  • Sedikit air lemon untuk mencegah apel berubah warna

    Toping Pai:
  • 1 sendok makan mentega dingin, potong dadu kecil
  • 1 sendok makan gula pasir untuk taburan

Cara Membuat:

Kulit Pie:

  1. Dalam mangkuk besar, campurkan tepung terigu serba guna dan garam. Aduk rata.
  2. Tambahkan potongan mentega dingin ke dalam campuran tepung. Gunakan ujung jari atau pastry cutter untuk menggosok mentega ke dalam tepung sampai menjadi butiran-butaan kecil yang berpasir.
  3. Tuang minyak sayur ke dalam campuran tepung-mentega. Aduk perlahan menggunakan garpu atau spatula hingga campuran menjadi kasar.
  4. Tambahkan air dingin sedikit demi sedikit, satu sendok makan pada satu waktu, sambil terus mencampur dengan spatula atau tangan. Hentikan penambahan air saat adonan mulai berkumpul. Jangan berlebihan dalam memadatkan adonan.
  5. Ambil adonan dan bentuk menjadi bola datar. Bungkus dengan plastik cling wrap dan dinginkan dalam lemari es selama minimal 30 menit.
  6. Kupas dan potong apel menjadi irisan tipis. Tempatkan dalam mangkuk besar.
  7. Campur apel dengan gula pasir, gula merah, tepung terigu serba guna, kayu manis bubuk, dan garam. Aduk rata hingga apel tertutup bumbu dengan merata. Tambahkan sedikit air lemon untuk mencegah apel berubah warna.
  8. Panaskan oven sampai suhu 190°C (375°F).
  9. Ambil adonan dari lemari es dan letakkan di atas permukaan yang ditaburi tepung. Gulung adonan dengan rolling pin hingga mencapai ketebalan sekitar 1/4 inci.
  10. Letakkan adonan pai di dalam loyang pai berukuran 9 inci yang sudah dialasi dengan kertas roti atau diolesi dengan mentega.
  11. Tuangkan campuran apel yang sudah dibumbui ke dalam kulit pai yang sudah dipersiapkan, ratakan dengan rapi.
  12. Taburkan potongan mentega dingin di atas apel yang sudah diisi. Taburi permukaan pai dengan gula pasir.
  13. Panggang pai dalam oven yang sudah dipanaskan selama 45-50 menit atau hingga kulit pai berwarna keemasan dan apel lunak.
  14. Setelah matang, biarkan pai dingin selama beberapa saat sebelum dipotong dan disajikan. Pai apel nikmat disajikan hangat dengan bola es krim vanilla atau secangkir teh hangat.

Sobat Holopis bisa sajikan pie apel selagi hangat, dan nikmati dengan es krim vanilla di atasnya agar rasanya semakin nampol.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Nasi Goreng Kencur, Cocok Dijadikan Menu Sarapan Bersama Keluarga

Resep kuliner kali ini ada Nasi Goreng Kencur yang tentunya lezat dan nikmat, cocok untuk sobat Holopis yang bingung mau sarapan apa bersama keluarga tercinta.

Mendoan, Camilan Khas Indonesia yang Unik dan Istimewa

Mendoan yang merupakan camilan khas dari Indonesia, khususnya Jawa Tengah, memiliki daya tarik yang tak tertandingi. Mendoan bukan sekadar makanan ringan; ia merupakan bagian integral dari tradisi kuliner lokal yang penuh warna.

RESEP : Kue Dadar yang Lezat dan Menggugah Selera

Kue sederhana dan tradisional Indonesia justru biasanya memiliki cita rasa yang luar biasa dan selalu bikin ketagihan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru