Hilangkan Jerawat dan Jaga Kesehatan Kulit dengan Makan Tomat Tiap Hari

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ahli kecantikan, dr Olivia Kosim menyampaikan bahwa mengonsumsi tomat setiap hari memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan kulit, khususnya kaum perempuan yang tengah menjadi acne fighter.

“Dengan cara konsisten makan tomat, jadi bisa dapat banget manfaat dari tomatnya itu sendiri supaya bisa membantu untuk mengurangi jerawat kamu,” kata dr Olivia dalam video yang dikutip Holopis.com, Rabu (24/7).

Alasan mengapa makan tomat setiap hari dapat menghilangkan jerawat dan menjaga kesehatan kulit, karena kandungan yang sangat luar biasa di dalam tomat. Salah satunya adalah likopen, sebuah senyawa antioksidan yang sangat kuat untuk mencegah radikal bebas yang menyebabkan penyakit, termasuk pada kulit.

“Karena tomat itu memiliki kandungan likopen yang bersifat antibakterial, jadi bisa membantu kamu untuk melawan bakteri penyebab jerawat,” ujarnya.

dr Olivia Kosim. [Foto : Instagram/dr.olivia_k

Selain menghilangkan jerawat, konsisten makan tomat setiap hari juga bisa membantu mengurangi flek pada kulit akibat sengatan sinar ultra violet dari matahari langsung.

“Selain itu kamu juga bisa terhindar dari efek sinar matahari yang bikin kulit kamu kusam loh, karena tomat itu juga memiliki berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, C dan K serta potasium,” tutur Olivia.

Oleh sebab itu, alumni Fakultas Kesehatan dari Universitas Atma Jaya Jakarta tahun 2009 tersebut mengajak masyarakat untuk rutin makan tomat setiap hari demi menjaga kesehatan kulit.

“Jadi semangat yuk buat para acne fighter,” pungkasnya.

Kandungan Dalam Tomat

Ya, tomat adalah salah satu bahan alamiah yang dapat membantu mengatasi jerawat karena mengandung berbagai komponen yang bermanfaat untuk kulit, seperti:

  1. Vitamin C:
    Membantu memperbaiki dan meregenerasi kulit, serta memiliki sifat antioksidan yang melawan radikal bebas.
  2. Vitamin A:
    Membantu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit.
  3. Asam alami:
    Asam salisilat dalam tomat dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat.
  4. Anti-inflamasi:
    Membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit yang berjerawat.

Dalam memanfaatkan tomat untuk kebutuhan kesehatan, berikut adalah beberapa cara penggunaannya:

  1. Masker Tomat:
    Haluskan tomat dan aplikasikan sebagai masker di wajah. Biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.
  2. Irisan Tomat:
    Tempelkan irisan tomat pada area yang berjerawat selama beberapa menit, lalu bilas dengan air.
  3. Campuran Tomat dan Bahan Lain:
    Campurkan tomat dengan bahan lain seperti madu atau yogurt untuk meningkatkan manfaatnya.
  4. Makan Lawaran:
    Kamu juga bisa memanfaatkan tomat untuk kudapan atau dimakan secara langsung setelah dicuci bersih. Rasanya yang sedikit manis dan ada nuansa asamnya ini menambah kesegaran tersendiri di awal hari atau lagi bersantai ria.

Meskipun tomat dapat membantu, penting juga untuk menjaga rutinitas perawatan kulit yang baik dan konsultasi dengan dokter kulit jika jerawat parah atau tidak kunjung membaik.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tak Sekadar Aroma, Daun Pandan Juga Bisa Bikin Cantik

Dikenal karena aroma khasnya yang harum, daun pandan bukan hanya menambah kelezatan hidangan, tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi kecantikan dan kesehatan.

4 Tanda Demam yang Harus Diperiksa ke Dokter

Demam adalah respons tubuh terhadap infeksi atau kondisi medis lainnya, dan seringkali dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang berjuang melawan penyakit.

Resmikan RS Khusus, Jokowi Harap Bisa Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menaruh harapan besar dengan telah diresmikannya Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru