Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Gibran Rakabuming Pastikan Anggaran Makan Gratis Tak Dipotong

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka memastikan, bahwa pihaknya tidak akan memotong anggaran untuk program makan gratis.

Dalam kegiatan pemberian makan siang gratis yang dilakukan di Bogor, Jawa Barat, Gibran pun pamer penampakan makanan dengan budget nyaris mencapai Rp 15.000.

“Untuk menu hari ini cost-nya itu Rp 14.900. Ada nasi, ayam, sayur, buah-buahan,” kata Gibran dalam pernyataannya pada Selasa (23/7) seperti dikutip Holopis.com.

“Jadi untuk anak-anak kita, untuk para generasi penerus, kita tidak boleh pelit,” tegasnya.

Gibran juga menampik anggapan Muhadjir Effendy yang sebelumnya menyebut bahwa bisa saja harga makanan di setiap daerah berbeda. Yang ada kemudian menurut Gibran, hanya perbedaan di menu makanannya.

“Di masing-masing daerah, mungkin di masing-masing daerah ada yang misalnya memakai sayuran-sayuran atau buah-buahan khas di daerah itu. Jadi tiap daerah mungkin menunya beda,” terangnya.

Oleh karena itu, Gibran sekali lagi menegaskan anggaran per menunya tidak akan dipotong menjadi Rp 7.500.

“Tapi intinya adalah tidak mungkin harganya dikurangi sampai Rp 7.500 ya. Jadi tiap daerah mungkin menunya beda, cara distribusinya beda, cara masaknya beda. Tidak masalah. Yang penting anggaran yang sudah ada itu ter-deliver ke anak-anak,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy menjawab kabar mengenai pemotongan anggaran untuk makan bergizi gratis yang ramai diperdebatkan saat ini.

Mengenai adanya angka Rp 7.500 per porsi untuk makanan bergizi gratis, Muhadjir menilai angka itu masih terbilang sangat besar untuk daerah tertentu.

“Saya kira untuk daerah tertentu Rp7.500 sudah sangat besar itu,” kata Muhadjir Effendy dalam pernyataannya, Jumat (19/7).

Kendati belum ada keputusan, Muhadjir meyakini bahwa kebijakan tersebut nantinya akan tetap memprioritaskan makanan sesuai standar kesehatan.

“Jadi ini masih dalam proses pematangan. Tetapi insya Allah berapapun nilainya yang penting memenuhi standar, standar untuk kesehatan,” tukasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dasco : Kader Gerindra yang Masuk Kabinet Cuma Sedikit

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebut bahwa komposisi kabinet Prabowo-Gibran saat ini sudah mulai terbentuk.

Pesan Nawawi ke Pimpinan KPK Mendatang : Berintegritas dan Bukan Perwakilan Pemerintah

Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango berharap agar pimpinan lembaga anti rasuah mendatang bisa memiliki perbedaan dengan sebelumnya.

Istana Tegaskan Koordinasi Pemerintah dengan KPK Berjalan Baik

Pihak Istana membantah pernyataan Nawawi Pomolango terkait susahnya untuk bertemu dan berkoordinasi dengan Presiden Jokowi.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru