Jangan Sepele, Tempe Ternyata Punya Banyak Khasiat Baik untuk Tubuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Siapa sih masyarakat Indonesia yang tidak pernah makan tempe? Tempe adalah makanan tradisional Indonesia yang saat ini kesehatannya sudah diakui dunia.

Makanan tradisional Indonesia yang satu ini kaya akan khasiat dan manfaat bagi kesehatan, namun sering kali khasiatnya ini tidak begitu diperhatikan atau disepelekan. Berikut adalah empat khasiat tempe yang sering tidak disadari dan disepelekan banyak orang.

  1. Sumber Protein Berkualitas Tinggi

Tempe merupakan sumber protein nabati yang sangat baik. Protein dalam tempe mudah dicerna dan tersedia dalam jumlah yang cukup tinggi, sehingga cocok sebagai alternatif protein hewani bagi vegetarian atau vegan. Kandungan proteinnya dapat membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh serta memelihara kekuatan otot.

  1. Kaya Akan Serat

Tempe mengandung serat pangan yang penting untuk pencernaan yang sehat. Serat membantu mengatur kadar gula darah, menurunkan kolesterol, serta menjaga kesehatan jantung. Konsumsi tempe secara teratur dapat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus secara keseluruhan.

  1. Sumber Nutrisi Penting

Tempe mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin B kompleks (termasuk vitamin B12 yang penting bagi vegetarian), mineral seperti magnesium, fosfor, serta zat besi. Kandungan ini membantu menjaga fungsi sistem saraf, metabolisme energi, serta kesehatan tulang dan darah.

  1. Mengandung Probiotik Alami

Fermentasi kedelai saat proses pembuatan tempe menghasilkan probiotik alami seperti bakteri asam laktat. Probiotik ini membantu meningkatkan kesehatan saluran pencernaan dengan menjaga keseimbangan flora bakteri baik dalam usus. Konsumsi tempe secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan risiko terkena penyakit peradangan usus.

Selain murah, tempe ternyata mengandung banyak manfaat yang bisa Sobat Holopis rasakan jika dikonsumsi dengan rutin. Sudah makan tempe belum hari ini?

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

10 Ide Kegiatan Malam Minggu yang Lebih Bermanfaat dan Menyenangkan

Malam minggu sering kali identik dengan hangout di cafe, nongkrong bersama teman, atau sekadar nonton film.

Petty Hasibuan Ingin Senayan Golf Club Jadi Tempat Favorit Pecinta Golf Tanah Air

Dengan mengusung tema retro, Petty Hasibuan berharap pecinta golf tanah air bisa tetarik untuk mengikuti keanggotaan di Senayan Golf Club dengan menganggap bahwa bermain golf di SGC sangat fun.

KAI Sukses Angkut 45,05 Juta Ton Barang Selama Periode Januari – Agustus 2024

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatatkan kinerja positif pada angkutan barang selama periode Januari hingga Agustus 2024, di mana KAI mengangkut 45.056.573 ton barang atau meningkat 7% dibanding periode yang sama Januari hingga Agustus 2023 sebanyak 42.073.513 ton barang. 
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru