Peringati Hari Game Nasional, Pemerintah Siap Promosikan 8 Game Karya Anak Bangsa

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan membantu sejumlah game nasional yang merupakan karya pengembang game di Tanah Air.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Isy Karim menyampaikan, bantuan itu diberikan sebagai komitmen pemerintah Indonesia untuk meningkatkan promosi dan pembukaan akses pasar game nasional.

“Ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 19 2024 tentang percepatan pengembangan industri game nasional, yang ditujukan untuk memperkuat industri game nasional,” tutur Isy Karim dalam konferensi pers, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (19/7).

Selain itu, bantuan promosi ini juga diberikan dalam rangka memperingati Hari Game Nasional, dengan tema kampanye #AyoHARGAI, yang akan berlangsung pada tanggal 8 Agustus mendatang.

Isy menuturkan, pihaknya bersama Kementerian/Lembaga terkait, termasuk Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) telah melakukan akurasi terhadap beberapa game nasional yang ada.

“Melalui proses akurasi, terpilih ada sekitar 8 game nasional yang akan dibantu promosinya,” katanya.

Adapun terdapat beberapa kriteria dalam pemilihan game tersebut, dimana yang pertama adalah game harus dapat diunduh melalui layanan distribusi digital resmi, seperti Google Play Store dan sebagainya.

Selain itu untuk kriteria kedua, game juga harus memenuhi syarat minimal, dimana game tersebut harus didownload lebih dari 50 ribu kali pada layanan distribusi digital resmi.

“Kemudian yang ketiga adalah, bahwa game tersebut rata-rata pada seluruh layanan distribusi digital minimal mendapat 3,5 bintang,” tambahnya.

Tak ketinggalan, konten atau isi yang terkandung dalam game juga harus lolos dalam pengujian rating oleh lembaga rating konten internasional yang resmi.

Kemudian yang paling penting menurutnya adalah, game merupakan karya dari pengembang studio game dalam negeri alias lokal.

Lebih lanjut, game tersebut juga diutamakan telah memiliki tanda daftar penyelenggara sistem elektronik (TD PSE), dan telah berbadan hukum.

Terakhir, dia menekankan, bahwa game yang telah lolos kurasi adalah game-game yang di dalamnya mengutamakan budaya lokal dan konten yang bermuatan tentang edukasi.

“Nah berdasarkan (kriteria) itu, 8 game yang terpilih tadi rencana akan dipromosikan,” terangnya.

Adapun 8 game yang terpilih itu diantaranya yakni :

  1. Paw Rumble : Green Smile Studio, Surabaya
  2. Lokapala : Ananta Rupa Studio, Jakarta
  3. Epic conquest : Daco Game, Surakarta
  4. Marbel TK & Paud : Salatiga
  5. Selera Nusantara : Gambir Studio, Sleman
  6. Warteg Gelora : Pegasus Infotech, Jakarta
  7. Where is My Cat : Sleep Game, Bali
  8. Dadoo : Algoroks, Malang.

“Itu adalah 8 game yang terpilih, yang sudah dilakukan kurasi. Ini mudah-mudahan kedepan juga akan lebih memberikan motivasi terhadap pengembang-pengembang lain untuk lebih aktif lagi, lebih kreatif lagi untuk mengembangkan game-game nasional,” pungkasnya.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Sidik Cyber Respons Gembira AWS Summit Jakarta 2024, Ini Harapannya

CEO Sidik Cyber, Yonathan Yeremia mengapresiasi atas terselenggaranya AWS Summit Jakarta 2024 pada Kamis (5/9) yang diselenggarakan di Ritz-Carlton Jakarta. Ia berharap AWS dapat memberi peluang bagi pelaku teknologi lokal.

Wujudkan Merdeka Digital Harus Holistik dan Kolaboratif

Salah satu agenda penting yang dilakukan oleh Sidik Cyber saat ini adalah bagaimana mewujudkan Merdeka Digital sebagai implementasi untuk mewujudkan masa depan digital yang lebih baik di Indonesia.

Sering Diabaikan, Tapi Ini Ternyata Bahaya Mengisi Daya Laptop Semalaman

Siapa di sini Sobat Holopis yang pernah mengecas laptopnya semalaman? Meskipun banyak orang yang terbiasa mengisi daya laptop semalaman, sudah bukan rahasia umumlagi bahwa kebiasaan ini ternyata menyimpan beberapa risiko yang dapat merusak perangkat kesayangan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru