Ayo Makan Brokoli Hijau! Banyak Manfaatnya loh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mengonsumsi brokoli hijau bisa berdampak baik untuk kesehatan, karena memang memiliki beragam manfaat bagi tubuh.

Brokoli sendiri banyak mengandung nutrisi, seperti serat, protein, karbohidrat kompleks, air, dan mineral kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zinc, serta zat besi. Bahkan brokoli itu sendiri kaya akan vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Penasaran seperti apa manfaatnya? Berikut selengkapnya seperti dikutip Holopis.com dari Alodokter :

  1. Menjaga Kesehatan Jantung
    Brokoli Hijau bermanfaat menjaga kesehatan jantung karena mengandung serat, antioksidan dan kalium yang cukup banyak.

Serat dan antioksidan pada brokoli hijau bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah pembentukan plak (aterosklerosis) di pembuluh darah. Sedangkan kalium bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah dan irama jantung tetap stabil.

  1. Mencegah Kanker

Brokoli mengandung sulforaphane. Zat inilah yang memberikan rasa pahit pada brokoli. Namun, kandungan zat ini diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, seperti kanker usus besar dan kanker paru-paru.

Selain itu, antioksidan di dalam brokoli hijau juga diduga berpengaruh dalam mengurangi peradangan. Efek ini diduga dapat menjaga kesehatan sel tubuh dan mencegahnya berubah menjadi kanker. Inilah alasan mengapa brokoli termasuk dalam salah satu jenis makanan yang dibenci sel kanker.

  1. Melancarkan Pencernaan

Serat dan air yang terkandung di dalam brokoli hijau juga bermanfaat untuk merangsang gerakan usus dan memperlancar pencernaan. Oleh karena itu, brokoli hijau baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah sembelit.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Brokoli kaya akan vitamin C dan antioksidan, sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sistem imunitas tubuh yang kuat dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi.

  1. Mencegah Keriput

Brokoli hijau mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C. Vitamin ini diketahui dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi, serta mengatasi kulit kering. Brokoli hijau juga dipercaya dapat mencegah keriput dan membantu memperbaiki tekstur kulit Anda secara keseluruhan.

  1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Brokoli hijau memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang dan sendi, serta mencegah penyakit osteoporosis yang membuat tulang keropos.

Manfaat brokoli hijau juga dianggap baik untuk menjaga gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko terjadinya diabetes. Brokoli juga baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang diet atau hendak menjaga berat badan. Konsultasikan dengan dokter mengenai jenis dan porsi makanan yang sesuai kondisi Anda

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puan Minta Pemerintah Mitigasi dan Literasi Mpox, Jangan Sampai Jadi Pandemi

Puan Maharani mengingatkan kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan untuk mewaspadai masuknya virus cacar monyet alias Mpox.

Jangan Tidur Tengkurap Kalau Tak Mau Alami Hal Ini

Tidur adalah salah satu aktivitas penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran kita. Namun, tahukah kalian bahwa posisi tidur yang salah dapat berdampak buruk bagi kesehatan?

Nadia Tarmizi : Pengidap Mpox Cukup Isolasi Mandiri di Rumah Selama 14 Hari

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Siti Nadia Tarmizi menyampaikan bahwa cacar monyet atau Mpox yang ditemukan di Indonesia memiliki jenis atau subvarian Clade 1B.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Paus Fransiskus in Indonesia

Berita Terbaru

Terpopuler