NewsRagamIni Profil Lulusan Akpol Peraih Cum Laude yang Dilantik Jokowi

Ini Profil Lulusan Akpol Peraih Cum Laude yang Dilantik Jokowi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi telah melantik 247 Perwira lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) pada beberapa waktu lalu.

Pelantikan Perwira Remaja Kepolisian ini dilaksanakan bersama pelantikan 417 lulusan TNI Angkatan Darat, 129 lulusan TNI Angkatan Laut dan 113 lulusan TNI Angkatan Udara.

Pelantikan didasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 61/TNI Tahun 2024 dan Surat Keputusan Presiden Nomor 62/Polri Tahun 2024.

Dari ratusan Perwira tersebut, mencuat sebuah nama yang meraih predikat cum laude bernama Ipda Andi Adhyaksa Baharuddin Emilwan.

Ipda Andi Adhyaksa ini merupakan bukti keberhasilan dari orang tua dalam memberikan pendidikan kepada putranya yang merupakan alumi SMA Taruna Nusantara.

Emilwan Ridwan, orang tua dari Andi Adhyaksa tidak bisa menyembunyikan kebahagian atas capaian prestasi yang diraih anaknya tersebut.

“Saya tidak dapat berkata-kata atas pencapaian putra saya. Semua karena SeijinNya pula saya bersama isteri dapat hadir di Istana menyaksikan Adhyaksa dilantik sebagai Perwira Remaja,” ungkap Emilwan dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Kamis (18/7).

Emilwan yang menjabat sebagai Kapus Pemulihan Aset (PPA) Kejaksaan Agung itu menjelaskan bahwa putra sulung dari empat bersaudara kini mendapatkan penugasan di Polda Banten.

“Tentunya, kita bangga atas pencapaian Adhyaksa. Ini sangat menginspirasi anak-anak untuk bisa berprestasi seperti Adhyaksa. Kalau dia bisa, kenapa yang lain tidak,” ujarnya.

Emilwan pun mengaku tidak pernah memaksakan karier pilihan anak-anaknya maupun dalam memberikan metode pendidikan. Komunikasi, menurutnya menjadi kunci dalam memberikan pendidikan.

“Jujur, tidak ada terapi khusus dalam mendidik Adhyaksa dan anak-anak. Saya bersama isteri hanya mendorong dan mengajak berkomunikasi sehingga tercipta iklim kondusif di rumah. Selain bermunajat pada Yang Maha Kuasa,” tuturnya.

Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Rudi Saladin membacakan peraih Adhi Makayasa (lulusan terbaik) dari masing- masing akademi, yakni I Made Aditya Wahyu Palguna dari Akademi Militer, Mochamad Irvan Sugianto dari Akademi Angkatan Laut.

Kemudian, Jofanka Hendhico Arintio dari Akademi Angkatan Udara, dan Theodore Gomgom Octofarrel De Fatima dari Akademi Kepolisian. Mayjen TNI Rudi Saladin merupakan peraih Adhi Makayasa tahun 1997.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah 906 orang Perwira dari matra TNI dan Kepolisian dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, para ketua lembaga negara, para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Lalu, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Tonny Harjono.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

Berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Mulai 1 September KA Menoreh Gunakan Kereta Ekonomi News Generation

Dalam rangka meningkatkan pelayanan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mengoperasikan kereta ekonomi new generation versi modifikasi pada KA 225F (KA Menoreh relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Pasarsenen) dan KA  226F (KA Menoreh relasi Pasarsenen - Semarang Tawang Bank Jateng).

Ikuti KriyaNusa 2024, Rumah Pertiwi Promosikan Warisan Budaya Lewat Budaya Nusantara

Dewan Kerajinan Nasional menggelar KriyaNusa 2024, yakni sebuah pameran produk industri kreatif Kriya terbesar di Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsung sejak 28 Agustus sampai 1 September 2024 di JCC Senayan, Jakarta Pusat.

Kemenhub Usulkan Tambahan Rp7,68 Triliun untuk Anggaran Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian perhububungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) mengusulkan tambahan...

5 Tips Agar Rambut Tetap Sehat Meskipun Dicatok Setiap Hari

Mencatok rambut setiap hari dapat memberikan tampilan yang stylish, tetapi juga berisiko merusak kesehatan rambut jika tidak dilakukan dengan hati-hati.