HistorySejarah Hari Keadilan Internasional, Pentingnya Penegakan Hukum yang Jamin HAM

Sejarah Hari Keadilan Internasional, Pentingnya Penegakan Hukum yang Jamin HAM

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Setiap tahun pada tanggal 17 Juli, dunia memperingati Hari Keadilan Internasional atau World Day for International Justice. Hari ini merupakan pengingat akan pentingnya keadilan dalam konteks global, di mana upaya untuk menegakkan hukum dan menjamin hak asasi manusia menjadi fokus utama.

Hari ini sudah diperingati sejak tahun 2010 sebagai pengingat pentingnyah keadilan dan Mahkamah Pidana Internasional. Bagaimana sejarah singkatnya?

Asal Usul Hari Keadilan Internasional

Hari Keadilan Internasional pertama kali diperingati pada tahun 2010 sebagai bagian dari inisiatif untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya Mahkamah Pidana Internasional (International Criminal Court, ICC) yang berbasis di Den Haag, Belanda. Mahkamah ini didirikan untuk menangani kejahatan internasional yang paling serius, seperti genosida, kejahatan terhadap kemanusiaan, kejahatan perang, dan agresi militer yang didefinisikan dalam Statuta Roma.

Tujuan Hari Keadilan Internasional

  1. Edukasi Publik

Memperluas pengetahuan masyarakat tentang peran penting hukum internasional dan upaya-upaya yang dilakukan untuk menegakkannya.

  1. Mendorong Kepatuhan Hukum

Menggalang dukungan global untuk kepatuhan terhadap hukum internasional dan keputusan pengadilan internasional.

  1. Perlindungan Korban

Menekankan perlunya keadilan bagi korban kejahatan internasional serta upaya untuk mencegah kejahatan semacam itu di masa depan.

Tantangan dalam Mencapai Keadilan Internasional

Meskipun adopsi Statuta Roma pada tahun 1998 menandai langkah maju dalam pembentukan Mahkamah Pidana Internasional, tantangan besar tetap ada dalam menjalankan proses peradilan yang adil dan efektif:

  • Keterbatasan Yurisdiksi

Banyak negara yang belum menjadi anggota ICC atau tidak mau mengakui yurisdiksinya.

  • Politik Global

Keputusan pengadilan sering kali menjadi subjek dari politik global yang kompleks, yang dapat menghambat atau mempengaruhi proses hukum.

  • Penegakan Putusan

Implementasi putusan pengadilan internasional sering kali sulit dilakukan, terutama jika melibatkan negara-negara yang kuat secara politik dan militer.

Pentingnya Dukungan Global

Untuk mencapai tujuan keadilan internasional, dukungan global sangatlah penting. Masyarakat sipil, organisasi non-pemerintah, pemerintah, dan lembaga internasional semuanya memiliki peran untuk memastikan bahwa keadilan internasional dihormati dan diperkuat. Melalui edukasi, advokasi, dan kerja sama internasional, kita dapat membangun dunia di mana pelanggaran hak asasi manusia tidak lagi terjadi tanpa pertanggungjawaban.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hari Perumahan Nasional 2024, Begini Sejarah dan Temanya

25 Agustus setiap tahunnya, masyarakat Indonesia merayakan Hari Perumahan Nasional (Hapernas). Pada tahun 2024, peringatan Hari Perumahan Nasional mengambil tema "Mewujudkan Hunian Layak untuk Semua."

Sejarah Mata Uang Kripto : Dari yang Sederhana hingga Jadi Primadona

Dalam beberapa tahun terakhir, mata uang kripto telah merevolusi dunia finansial dan teknologi, tetapi tahukah kamu bagaimana perjalanan mata uang kripto dimulai?

Peringatan Konferensi Meja Bundar : Sejarah dan Dampaknya bagi Indonesia

Peringatan Konferensi Meja Bundar (KMB) adalah salah satu momen penting dalam sejarah Indonesia yang kerap diperingati sebagai tonggak kedaulatan bangsa.

Hari Internasional Mengenang Perdagangan Budak dan Penghapusannya, 23 Agustus : Simak Sejarahnya

Hari Internasional Mengenang Perdagangan Budak dan Penghapusannya atau International Day for the Remembrance of the Slave Trade and its Abolition diperingati pada 23 Agustus di setiap tahunnya.