NewsPolhukamMenko Polhukam Tegaskan Transformasi Digital Bagi Polri Bukan Opsi, Tapi Keharusan

Menko Polhukam Tegaskan Transformasi Digital Bagi Polri Bukan Opsi, Tapi Keharusan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto menekankan, bahwa transformasi digital saat ini bukan lagi sebuah pilihan, melainkan sebuah keharusan. Terutama dalam meningkatkan partisipasi dan pengawasan masyarakat terhadap kinerja Polri.

Hal itu disampaikan Menko Hadi saat membuka Rapat Koordinasi dan Pengawasan (Rakorwas) Kompolnas Tahun 2024 yang bertema ‘Akselerasi Transformasi Digital Dalam Pengawasan Untuk Mewujudkan Polri yang Profesional dan Mandiri’ di Jakarta, pada Rabu (17/6).

“Peningkatan literasi masyarakat di era digital inilah yang terus membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam hal partisipasi dan pengawasan terhadap kinerja Polri,” kata Menko Hadi dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Rabu (17/7).

Ia menyampaikan, bahwa digitalisasi telah bertransformasi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat. Transformasi ini tidak hanya mempermudah, tetapi juga mengubah cara kita menjalani hidup.

Selain itu, digitalisasi juga memungkinkan semua orang untuk mengakses informasi dengan lebih cepat, berkomunikasi tanpa adanya batasan jarak dan waktu.

“Masyarakat yang semakin teredukasi dalam penggunaan teknologi informasi kini memiliki akses lebih mudah dan cepat untuk mendapatkan serta menyebarkan informasi,” ungkap Hadi.

Hal ini menurutnya berdampak pada meningkatnya kesadaran dan keterlibatan masyarakat dalam mengawasi serta mengkritisi kinerja Polri.

Oleh karena itu, Menko Hadi yang juga Ketua Kompolnas berpesan agar Polri sebagai institusi yang bertanggungjawab atas penegakan hukum pada bidang Kamtibmas harus mampu untuk beradaptasi dan mengadopsi teknologi digital dalam rangka meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas dalam menjalankan tugasnya.

“Penguatan pengawasan melalui transformasi digital adalah sebuah perjalanan yang menuntut komitmen, kerja keras, dan kolaborasi dari semua pihak. Saya yakin bahwa dengan semangat kebersamaan dan dedikasi yang tinggi, kita dapat mewujudkan Polri yang lebih profesional, dan mandiri,” tegas Hadi.

Sementara itu Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, menyampaikan bahwa Polri menyambut baik berbagai transformasi yang dilakukan untuk perbaikan organisasi Polri.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Surya Paloh Keki Dikhianati Petualang Politik

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengaku kesal ketika partai yang telah dibangunnya telah disusupi oleh para petualang politik.

Jokowi Minta Pendemo Tolak Revisi UU Pilkada Segera Dibebaskan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara terkait aksi demonstrasi penolakan revisi UU Pilkada yang berlangsung di Gedung DPR RI, pada Kamis (22/8) lalu.

Prabowo Subianto Akui Kelihaian Surya Paloh Berpolitik : Sekarang Anak Buah Saya

Presiden Terpilih Prabowo Subianto memberikan ucapan selamat kepada Surya Paloh yang terpilih kembali sebagai Ketua Umum Partai Nasdem periode 2024-2029.

Prabowo Ingin Persatuan, Yang Mau Gabung, Ayo!

Prabowo Subianto mengajak semua komponen elite politik untuk bisa bersatu dalam pemerintahannya bersama Gibran Rakabuming Raka nanti. Sebab menurutnya, rakyat Indonesia butuh persatuan dari para pemimpin bangsa saat ini.