NewsRagamMunas FOZ Jadi Komitmen Indonesia Kurangi Ketimpangan Sosial Lewat Zakat

Munas FOZ Jadi Komitmen Indonesia Kurangi Ketimpangan Sosial Lewat Zakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Forum Zakat Bambang Suherman mengatakan bahwa Forum Zakat adalah sebuah wadah para pelaku amil zakat untuk bisa berkolaborasi menampung dan menyalurkan zakat yang diamanahkan umat kepada para mustahik (penerima zakat).

Apalagi kata dia, penyaluran zakat ini menjadi salah satu upaya untuk mendukung jalannya program-program pemerintah dalam konteks pengentasan kemiskinan masyarakat.

“Forum Zakat sebagai forum yang mewadahi berbagai lembaga zakat di Indonesia, memiliki peran vital dalam mendukung program-program pemerintah,” kata Bambang dalam keterangannya yang diterima Holopis.com, Selasa (16/7).

FOZ, sebagai asosiasi lembaga pengelola zakat, mengumpulkan Badan Amil Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) dari seluruh Indonesia.

Kali ini, Forum Zakat akan menggelar Musyawarah Nasional ke-10 Forum Zakat (FOZ) yang diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat. Acara pembukaan dilakukan secara simbolik oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin di Istana Wapres Jakarta.

Bambang menyebut bahwa Munas FOZ ini merupakan agenda yang diselenggarakan rutin setiap tiga tahun sekali.

“Untuk pemilihan ketua umum periode baru,” jelasnya.

Dalam kesempatan Munas X FOZ ini, Bambang menyatakan bahwa organisasinya sedang ingin menunjukkan komitmen besarnya dalam pengembangan zakat di Indonesia, khususnya untuk menambah nilai kebermanafaatan bagi para penerima zakat.

Tidak hanya sekadar menyalurkan, akan tetapi lebih kepada pemberdayaan para mustahik agar bisa melakukan transformasi peningkatan taraf hidup mereka, menjadi lebih baik lagi.

“Munas ke-10 FOZ menegaskan komitmen Indonesia dalam mengembangkan zakat sebagai instrumen yang bermanfaat secara ekonomi dan sosial bagi masyarakat luas,” tandasnya.

“Dengan dukungan penuh dari pemerintah, OPZ, dan sektor swasta seperti Paragon, zakat diharapkan dapat semakin berperan dalam mengurangi ketimpangan sosial dan meningkatkan kesejahteraan bersama,” pungkas Bambang Suherman.

Sebagai informasi, Munas ke-10 Forum Zakat merupakan agenda rutin setiap tiga tahun untuk pemilihan ketua umum periode baru. Forum Zakat, sebagai asosiasi lembaga pengelola zakat, mengumpulkan Badan Amil Zakat (BAZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) dari seluruh Indonesia. Dengan semangat kolaborasi, Munas ke-10 Forum Zakat diharapkan akan menjadi tonggak penting dalam mewujudkan visi zakat sebagai sumber kekuatan ekonomi inklusif bagi bangsa Indonesia.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

4.000 Tanaman Herbal di Halim Perdanakusuma Dilakukan Pemeriksaan

Petugas Badan Karantina Indonesia lakukan pemeriksaan bibit-bibit tanaman yang akan di tanam di Taman Sains Teknologi Herbal dan Holtikultura (TSTH2) Sumatera Utara. Hal ini untuk memastikan seluruh bibit dalam kondisi sehat. 

Resmikan Bendungan di Lampung, Jokowi Ingatkan Pentingnya Air Bagi Kehidupan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan operasional Bendungan Margatiga yang berada di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, pada Senin (26/8).

Ini Alasan CEO Telegram Pavel Durov Ditangkap di Prancis

Pavel Durov ditahan setelah jet pribadinya mendarat di Bandara Le Bourget pada hari Sabtu (24/8) malam waktu setempat.

Jokowi Resmikan Bendungan Margatiga di Lampung yang Telan Anggaran Rp 846 Miliar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan operasional Bendungan Margatiga yang berada di Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, pada hari ini, Senin (26/8).