DaerahJakartaMinimalisir Pencemaran Udara, Dinas LH DKI Jakarta Awasi 68 Cerobong Asap

Minimalisir Pencemaran Udara, Dinas LH DKI Jakarta Awasi 68 Cerobong Asap

“Bagi yang melebihi baku mutu akan dikenakan sanksi sesuai peraturan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Asep.

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) lakukan Pengawasan dan Penegakan Hukum Terhadap Pencemaran Udara sebagai salah satu strategi menangani polusi udara di Jakarta. Sebanyak 68 cerobong akan dilakukan pengawasan tahun ini.

Kepala Dinas LH DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, pihaknya akan melakukan pengukuran aktif pada 68 cerobong dari berbagi sektor industri/jasa selama periode tahun 2024.

Ia menyampaikan, pelaksanaan pengukuran tidak hanya dilakukan pada siang hari namun juga pada malam hari untuk memastikan tidak terjadi pencemaran di waktu malam, mengingat beberapa kegiatan industri juga beroperasi maksimal malam hari.

“Bagi yang melebihi baku mutu akan dikenakan sanksi sesuai peraturan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Asep, saat dikonfirmasi Holopis.com, Selasa (16/7).

Ia menyampaikan, sebelumnya telah dilakukan pengawasan operasional Continuous Emission Monitoring System (CEMS) dan pengukuran emisi cerobong industri peleburan besi baja di Jakarta Timur.

Asep menjelaskan, industri peleburan baja merupakan salah satu industri yang berpotensi memberikan kontribusi cukup besar ke udara ambien (mengacu ke SK Gubernur Provinsi DKI Jakarta 670/2000).

Tim Bidang PPH yang terdiri dari para Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup (PPLH) Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta diterjunkan untuk mengecek hasil pengukuran emisi sumber tidak bergerak pada cerobong Barmill industri itu. Asep menambahkan, Dinas LH DKI Jakarta memantau perusahaan-perusahaan lainnya yang berpotensi mencemari udara Jakarta secara rutin.

“Diharapkan seluruh industri untuk segera membenahi pengelolaan lingkungannya agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan dari kegiatan operasinya ke depannya,” tandasnya.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tingkatkan Sinergi, Transjakarta Gelar Pekan Olahraga

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) menggelar pertandingan...

BMKG Ramal Cuaca Jakarta Bakal Cerah Berawan Seharian

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jakarta dan sekitarnya pada hari ini, Rabu 21 Agustus 2024.

Heru Budi Serahkan Dugaan Pencatutan NIK Warga Jakarta ke Bawaslu

Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Daerah Khusus Jakarta, Heru Budi Hartono menyerahkan proses penyelesaian dugaan pencatutan data Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP untuk dukungan pasangan calon independen Pilgub Jakarta Dharma Pongrekun dan Kun Wardana Abyoto ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

BMKG Ramal Cuaca Jakarta Bakal Diselimuti Awan Sepanjang Hari

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkini terkait prakiraan cuaca pada hari ini, Selasa 20 Agustus 2024.