NewsPolhukamKPK Ajukan Banding Vonis Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo

KPK Ajukan Banding Vonis Eks Mentan Syahrul Yasin Limpo

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak terima atas vonis majelis hakim terhadap vonis mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Lembaga antikorupsi lantas mengajukan upaya hukum banding atas vonis penjara pemerasan dan penerimaan gratifikasi yang menjerat Syahrul Yasin Limpo. 

Selain SYL, KPK juga mengajukan banding terhadap dua terdakwa lainnya yakni mantan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono dan mantan Direktur Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Kementan M. Hatta. Upaya hukum itu disampaikan pada hari ini, Selasa, 16 Juli.

“Jaksa Penuntut Umum KPK, Muhammad Hadi dan Palupi Wiryawan sudah mengajukan banding untuk perkara SYL. Jadi tiga-tiganya sudah diajukan banding per hari ini ke PN Jakarta Pusat,” ujar Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika Sugianto kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, seperti dikutip Holopis.com.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Hakim menjatuhkan vonis 10 tahun penjara terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Selain itu, SYL juga harus membayar uang pengganti sebesar Rp 14,1 miliar dan 30 ribu dolar Amerika Serikat. 

Majelis Hakim menyatakan SYL bersalah dalam perkara pemerasan dan penerimaan gratifikasi di lingkup Kementerian Pertanian (Kementan). Perbuatan itu dilakukan bersama-sama mantan Sekjen Kementan Kasdi Subagyono dan mantan Direktur Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Kementan M. Hatta. 

Sayangnya, Tessa saat ini belum memerinci alasan banding yang dilakukan oleh jaksa penuntut KPK. “Akan kami sampaikan apabila sudah di-submit nanti,” kata Tessa.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hari Ini, Prabowo Bakal Hadiri Penutupan Muktamar VI PKB di Bali

Presiden terpilih periode 2024-2025, Prabowo Subianto dikabarkan hadir dalam acara penutupan Muktamar VI Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang berlangsung pada hari ini, Minggu (25/8).

Wapres Tegaskan PKB Jadi Gerakan Politik Kiai untuk Kepentingan Bangsa

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin memandang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai sebuah gerakan politik para kiai. Hal itu disampaikannya dalam acara pembukaan Muktamar VI PKB di Bali, Sabtu (24/8).

PAN Setia Dukung Prabowo Subianto, Tak Mau Pindah ke Lain Hati

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan partainya akan tetap setia memberikan dukungan kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Cak Imin Kembali Jabat Ketum PKB 2024-2029

Muktamar VI Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akhirnya menetapkan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin untuk kembali menjabat sebagai ketua umum PKB periode 2024-2029.