Jokowi ke Uni Emirat Arab Hari Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Uni Emirat Arab (UEA). Ia akan didampingi oleh sejumlah delegasi terbatas untuk melakukan pertemuan langsung dengan Presiden UEA Sheikh Mohammed Bin Zayed (MBZ).

“Siang hari ini saya dengan delegasi terbatas akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Abu Dhabi, persatuan Emirat Arab,” kata Presiden Jokowi di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (16/7) seperti dikutip Holopis.com.

Ia mengatakan bahwa kunjungan ini dilakukan sebagai upaya untuk membahas berbagai upaya peningkatan kerja sama bilateral antara Indonesia dan UEA.

“Dalam 10 tahun terakhir, hubungan Indonesia dan persatuan Emirat Arab meningkat dengan sangat pesat terutama di bidang ekonomi dan investasi,” ujarnya.

Ia yakin, kerja sama strategis akan dilakukan dan disepakati antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah UEA. Apalagi hubungan bilateral kedua negara ini memang sudah terjalin sangat kuat, hingga keduanya memiliki perjanjian tersendiri, yakni Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA).

“Persatuan Emirat Arab merupakan salah satu mitra utama dan mitra strategis Indonesia di Timur Tengah, dan merupakan negara Timur Tengah pertama di mana Indonesia memiliki perjanjian kemitraan komprehensif atau CEPA,” jelas Jokowi.

Dalam pertemuan itu, Jokowi ingin mewariskan kontrak kerja sama bilateral lanjutan antara Indonesia dengan Uni Emirat Arab untuk pemerintahan setelahnya, yakni Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka nanti.

“Kemitraan kita antara lain ; dipusatkan pada kerja sama di bidang energi bersih, seperti ; kerja sama energi surya di waduk Cirata (Jabar),” terangnya.

“Tentunya kerja sama – kerja sama ini akan dilanjutkan implementasinya oleh pemerintah baru nantinya,” sambung Jokowi.

Lantas, Jokowi mengatakan bahwa pertemuan bilateral antara dirinya dengan Syekh MBZ akan dilakukan hanya sehari saja. Setelah itu, ia akan langsung kembali ke tanah air untuk melanjutkan tugas-tugas kenegaraannya.

“Begitu selesai pertemuan dengan presiden MBZ, tanggal 17 Juli besok, saya akan langsung kembali ke tanah air,” pungkasnya.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Dihadapan Pejabat TNI-Polri, Jokowi Minta Maaf

Presiden Jokowi (Joko Widodo) kembali mengajukan permintaan maaf kepada masyarakat menjelang lengsernya dari masa jabatan pada Oktober mendatang.

Jokowi Minta TNI-Polri Jadi Pelindung Perempuan dan Anak

Presiden Jokowi (Joko Widodo) menyoroti kinerja TNI-Polri dalam menangani permasalahan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Jokowi Perintahkan TNI-Polri Jaga Proses Transisi Pemerintahan

Presiden Jokowi (Joko Widodo) meminta aparat TNI dan Polri untuk lebih meningkatkan kewaspadaan mereka dalam menjaga keamanan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru