NewsEkobizIHSG Hari Ini Dibuka Menghijau, Tapi Hati-hati Potensi Pullback

IHSG Hari Ini Dibuka Menghijau, Tapi Hati-hati Potensi Pullback

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat 10,94 poin atau 0,15 persen ke posisi 7.289,8 pada sesi I perdagangan hari ini, Selasa (17/7). 

Tercatat sebanyak 147,23 juta saham telah diperjual belikan pada menit-menit awal perdagangan hari ini, dengan nilai perdagangan sebesar Rp 146,12 miliar. Namun untuk frekuensi perdagangan baru mencapai 9.644 kali transaksi. 

Adapun pada hari ini, sebanyak 112 saham yang diperdagangkan pada hari ini mencatatkan kenaikan, kemudian 63 saham terkoreksi, dan 216 saham lainnya masih stagnan.

Di awal perdagangan sesi I, cuan lima saham ngegas dan masuk jajaran top gainers. Kelima saham tersebut salah satunya adalah PT Ricky Putra Globalindo Tbk (RICY) yang melonjak 32,53 persen.

Diikuti, PT Eratex Djaja Tbk (ERTX) di posisi kedua yang melejit 8,16 persen dan PT Gunanusa Eramandiri Tbk (GUNA) di posisi ketiga dengan kenaikan sebesar 6,85 persen.

Ada juga saham PT Sumber Mas Kondtruksi Tbk (SMKM) meningkat 5,77 persen dan PT UBC Medical Indonesia Tbk (LABS) yang naik 4,71 persen.

Adapun pada perdagangan hari ini, IHSG masih rawan mengalami pullback lanjutan ke kisaran 7250-7230.

Phintraco Sekuritas melihat, indeks acuan di bursa saham Indonesia itu diperkirakan bakal bergerak di rentang resistance 7300, pivot 7250, dan support 7200.

“Salah satu pemicunya adalah faktor teknikal dengan penyempitan positive slope pada MACD bersamaan dengan kondisi overbought pada Stochastic RSI,” tulis Phintraco dalam risetnya, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (16/7).

Adapun saham yang dapat diperhatikan pada hari ini menurut Phintraco adalah sebagai berikut, ICBP, INKP, BBYB, MNCN dan JPFA.

Ruang Mula

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jasa Marga Bawa Pulang Dua Penghargaan TOP GRC Awards 2024

PT Jasa Marga (Persero) Tbk meraih dua penghargaan bergengsi dalam ajang TOP GRC Awards 2024.

Ekonomi Membaik, Indef Sarankan BI Segera Turunkan Suku Bunga

Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menyarankan Bank Indonesia (BI) untuk segera memangkas suku bunga acuan atau BI-Rate yang sampai saat ini masih bertahan di level 6,25 persen.

Soal Jatah Tambang Muhammadiyah, Bahlil Janjikan yang Terbaik

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia berjanji untuk memberikan lokasi pertambangan bekas perjanjian karya pengusahaan pertambangan batu bara (PKP2B) yang terbaik bagi Muhammadiyah.

Kemenkeu Sudah Siapkan Anggaran Jika Ada Kementerian Baru

Wakil Menteri Keuangan II, Thomas Djiwandono menyebut pihaknya di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah melakukan berbagai upaya antisipasi dalam menyusun APBN 2025.