NewsPolhukamBNPT Resmikan Museum Nasional Penanggulangan Terorisme

BNPT Resmikan Museum Nasional Penanggulangan Terorisme

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Museum Nasional Penanggulangan Terorisme akhirnya diresmikan langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahniel pada Selasa, 16 Juli 2024.

Acara peresmian museum ini bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-14 BNPT RI, yang berlangsung di Kantor BNPT Sentul, Bogor Jawa Barat.

Dalam keterangannya, Rycko menerangkan bahwa museum ini dimaksudkan sebagai salah satu strategi penanggulangan terorisme, khususnya sebagai media edukasi kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama generasi penerus bangsa, serta masyarakat dunia, tentang upaya negara Indonesia berjuang melawan terorisme dalam rangka menjaga keutuhan bangsa. 

Selain itu, lanjutnya, museum ini juga didedikasikan sebagai sarana wisata edukasi untuk terus meningkatkan rasa cinta tanah air dan kesadaran akan bahaya terorisme. 

“Museum ini jg menjadi simbol pentingnya kerja sama internasional dalam menghadapi ancaman terorisme dengan prinsip whole government & whole society approach,” ungkap Rycko dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Selasa (16/7).

Tidak hanya itu, museum ini turut didirikan untuk menghormati para korban aksi terorisme yang pernah terjadi di Indonesia dan kedepannya diharapkan dapat meningkatkan public awareness dalam mewujudkan kesiapsiagaan nasional. 

Di dalam museum ini, pengunjung dapat menyaksikan berbagai koleksi benda-benda, informasi, dan  strategi penanganan, serta perjuangan semua pihak dalam penegakan hukum tindak pidana terorisme di Indonesia. Melalui museum ini, pengunjung dapat mempelajari sejarah, bahaya, ancaman terorisme, dan modus operandi para pelaku. 

Selain itu bagi pengunjung, konten yang ditampilkan dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman terkait peristiwa terkait terorisme yang pernah terjadi di masa yang lalu dan upaya negara Indonesia melawan aksi terorisme, mengingat museum ini memiliki konsep kontemporer yang memadukan konsep tradisional dan modern yang dapat memberikan pengalaman edukasi yang lebih efektif yang memudahkan penyampaian informasi kompleks dan detail melalui visualisasi serta simulasi. 

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Makin Panas! PBNU Bakal Gelar Muktamar PKB Tandingan di Jakarta

Perseteruan antara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) nampaknya semakin memanas, setelah Muktamar VI PKB di Bali menetapkan kembali Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai Ketua Umum.

Hari Ini, Prabowo Bakal Hadiri Penutupan Muktamar VI PKB di Bali

Presiden terpilih periode 2024-2025, Prabowo Subianto dikabarkan hadir dalam acara penutupan Muktamar VI Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang berlangsung pada hari ini, Minggu (25/8).

Wapres Tegaskan PKB Jadi Gerakan Politik Kiai untuk Kepentingan Bangsa

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin memandang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebagai sebuah gerakan politik para kiai. Hal itu disampaikannya dalam acara pembukaan Muktamar VI PKB di Bali, Sabtu (24/8).

PAN Setia Dukung Prabowo Subianto, Tak Mau Pindah ke Lain Hati

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan partainya akan tetap setia memberikan dukungan kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.