NewsEkobizBI Klaim Utang Luar Negeri Indonesia Masih Terkendali

BI Klaim Utang Luar Negeri Indonesia Masih Terkendali

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengklaim utang luar negeri (Indonesia) pada Mei 2024 masih berada di posisi yang terkendali, dimana besarannya tercatat USD 407,3 miliar.

Kendati demikian, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengakui, bahwa posisi ULN pada Mei 2024 meningkat 1,8 persen secara tahunan atau yoy, setelah sebelumnya sempat turun 1,5 persen yoy pada April 2024.

“Perkembangan ini bersumber dari ULN sektor publik, baik pemerintah maupun bank sentral, serta sektor swasta,” kata Erwin dalam keterangan resminya, seperti dikutip Holopis.com, Senin (15/7).

Secara rinci, posisi ULN pemerintah pada Mei 2024 tercatat sebesar 191,0 miliar dolar AS, atau secara tahunan mencatat kontraksi pertumbuhan sebesar 0,8 persen yoy, setelah pada April 2024 terkontraksi sebesar 2,6 persen yoy.

Posisi ULN swasta pada Mei 2024 tercatat 197,6 miliar dolar AS, atau secara tahunan mengalami kontraksi pertumbuhan sebesar 0,4 persen yoy, melanjutkan kontraksi pada April 2024 sebesar 2,8 persen yoy.

Adapun secara keseluruhan, Erwin mengklaim struktur ULN Indonesia pada dasarnya masih tetap dalam kondisi sehat, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

Hal itu tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang tercatat sebesar 29,8 persen yoy, serta didominasi oleh ULN jangka panjang dengan pangsa mencapai 85,9 persen yoy dari total ULN.

“Dalam rangka menjaga agar struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan Pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam pemantauan perkembangan ULN,” tuturnya.

Peran ULN, kata Erwin, juga akan terus dioptimalkan untuk menopang pembiayaan pembangunan dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan.

“Upaya tersebut dilakukan dengan meminimalkan risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian,” pungkasnya.

Ruang Mula

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Soal Jatah Tambang Muhammadiyah, Bahlil Janjikan yang Terbaik

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia berjanji untuk memberikan lokasi pertambangan bekas perjanjian karya pengusahaan pertambangan batu bara (PKP2B) yang terbaik bagi Muhammadiyah.

Kemenkeu Sudah Siapkan Anggaran Jika Ada Kementerian Baru

Wakil Menteri Keuangan II, Thomas Djiwandono menyebut pihaknya di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah melakukan berbagai upaya antisipasi dalam menyusun APBN 2025.

Update Harga Pangan Hari Ini : Beras Stabil, Cabai Turun

Harga sejumlah bahan pangan di tingkat eceran bergerak cukup bervariatif pada perdagangan hari ini, Kamis 12 September 2024.

Sempat Pecah Rekor, IHSG Ditutup di Level 7.798,15

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini berhasil ditutup di zona hijau pada akhir perdagangan hari ini, Kamis 12 September 2024, meskipun penguatannya tidak setinggi di awal perdagangan yang sempat memecahkan rekor tertinggi.