NewsRagamDMC Dompet Dhuafa Gencarkan Berbagai Layanan Darurat Pasca Banjir dan Longsor Gorontalo

DMC Dompet Dhuafa Gencarkan Berbagai Layanan Darurat Pasca Banjir dan Longsor Gorontalo

HOLOPIS.COM, GORONTALO – Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa kerahkan tim dan layanan darurat guna bantu percepatan penanganan banjir dan longsor di Provinsi Gorontalo. Di mana di dalam musibah tersebut, tercatat ada 23 jiwa meninggal dunia, 33 jiwa dalam pencarian korban longsor, 7.888 jiwa terdampak banjir, dan 2.026 rumah terdampak banjir.

Sebelumnya, banjir yang melanda beberapa wilayah pada lima kecamatan di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo terjadi pada Minggu 7 Juli 2024 pagi. Peristiwa ini terjadi setelah hujan lebat dengan durasi lama sejak sehari sebelumnya, yakni Sabtu 6 Juli 2024, yang mengakibatkan meluapnya debit air sungai disertai jebolnya tanggul. Kondisi sungai yang tidak mampu menampung debit air.

Lima kecamatan terdampak tersebut adalah Kecamatan Kabila Bone, Kecamatan Botupingge, Kecamatan Bone, Kecamatan Bonepantai dan Kecamatan Bulango Utara.

Sementara itu informasi yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menyebutkan adanya peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai angin kencang untuk wilayah Kabupaten Bone Bolango dan sebagian wilayah Provinsi Gorontalo lainnya.

Pada laporan terbaru, tim DMC Dompet Dhuafa bahwa air masih menggenangi beberapa rumah warga dan situasi saat ini sudah mulai kondusif, sebagian warga sudah mandiri. Akan tetapi saat ini penyintas masih membutuhkan aneka logistik pangan dan juga MCK darurat.

Sedangkan pada Kamis 11 Juli 2024 kemarin, tim DMC Dompet Dhuafa melaporkan sedang melakukan kegiatan aksi evakuasi di wilayah banjir, lantaran air sudah menggenangi pemukiman warga hingga mencapai ketinggian dada orang dewasa.

”Air setinggi orang dewasa, beberapa rumah sulit didatangi lantaran jalannya yang tidak memungkinkan (perahu masuk),” ujar Tim DMC Dompet Dhuafa dari Gorontalo melaporkan yang dikirimkan juga kepada tim redaksi Holopis.com.

DMC Dompet Dhuafa turut dalam aksi evakuasi penyintas longsor ke tiga rumah sakit rujukan. Selain itu tim juga turut bantu evakuasi korban tenggelam di Sungai Bone, Desa Poduwama, Kecamatan Suwawa Timur.

Adapun beberapa kendala yang menghambat aksi tim adalah intensitas hujan yang belum menurun dan ancaman longsoran susulan yang terus mengintai.

Selain itu, DMC Dompet Dhuafa juga mendirikan Pos Hangat di dua titik lokasi yakni di lokasi pengungsian bagi penyintas yang terdampak banjir area, Balai Kota Gorontalo dan titik kedua ada di lokasi pengungsian bagi penyintas yang terdampak akibat longsor.

DMC Dompet Dhuafa membuka dua pos relawan yang terletak di Desa Dulalowo Timur, Kecamatan Kota Tengah sebagai pos relawan penanganan banjir, dan di Desa Pangi, Kecamatan Suwawa Timur penanganan longsor.

Rencana ke depan, tim DMC Dompet Dhuafa Gorontalo akan selalu senantiasa memberikan layanan darurat seperti evakuasi, Pos Hangat dan Mobil Ambulans guna membantu penyintas dan Pemerintah Gorontalo dalam menangani bencana banjir.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

Berita Terbaru

BERITA TERBARU

berita Lainnya
Related

Putri Ariani Gemparkan GBK Di Rapimnas Partai Gerindra

Penyanyi muda berbakat Putri Ariani gemparkan GBK dalam rangka acara penutupan Rapimnas Partai Gerindra di Senayan, Jakarta, pada hari Sabtu (31/8). Putri tampil cantik dan anggun mengenakan hijab berwarna krem dan dress berwarna senada dengan riasan natural.

Lea Simanjuntak Nyanyikan Lagu Pantang Mundur di Rapimnas Partai Gerindra

Acara Apel Kader Gerindra sekaligus Penutupan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra hari ini dilaksanakan di Gelora Bung Karno, Senayan, pada Sabtu (31/8). Acara yang dipimpin oleh Prabowo Subianto dan dihadiri Presiden RI Joko Widodo ini pun dimulai dengan hikmat.

Hadiri Apel Kader Gerindra, Jokowi Tersenyum Lepas Duduk Bareng Prabowo

Presiden Joko Widodo menghadiri acara penutupan rapat pimpinan nasional atau Rapimnas Partai Gerindra yang berlangsung di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, pada Sabtu (31/8).

Presiden Jokowi Kenakan Pakaian Khas Partai Gerindra, Putih Krem

Apel Kader Partai Gerindra yang berlangsung pada Sabtu (31/8) di Indonesia Garena GBK, dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Marif Amin ditemani ketua umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.