NewsMiliterBakamla Jemput 16 Nelayan Ilegal yang Ditangkap Malaysia

Bakamla Jemput 16 Nelayan Ilegal yang Ditangkap Malaysia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bakamla RI melalui aset patroli KN Pulau Nipah-321 berhasil membawa pulang 16 nelayan Indonesia. Belasan nelayan itu diketahui ditangkap Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) pada beberapa waktu lalu.

Dalam siaran pers Bakamla, serah terima dilaksanakan di perairan Malaysia, Tanjung Setapa, Kamis (11/7) lalu.

16 nelayan tersebut diketahui ditangkap oleh APMM pada (25/4) karena diduga telah memasuki perairan Malaysia untuk menangkap ikan secara illegal.

“Kemudian Pengadilan Johor telah melakukan persidangan terhadap kasus tuduhan penangkapan ikan illegal yang dilakukan 16 nelayan tersebut. Dalam persidangan, Hakim memutuskan membebaskan 16 nelayan atas dugaan penangkapan ikan secara illegal di wilayah Malaysia,” isi siaran pers Bakamla seperti dikutip Holopis.com, Jumat (12/7).

Berkaitan dengan pembebasan 16 nelayan dimaksud, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Johor Bahru berkoordinasi dengan Bakamla RI dan APMM guna memfasilitasi pemulangan menuju batas laut terluar Malaysia, untuk diserah terimakan kepada otoritas terkait di Indonesia.

Dalam prosesnya, Bakamla RI mengerahkan KN Pulau Nipah 321 untuk memfasilitasi pemulangan menuju Dermaga Batu Ampar, Batam.

Proses serah terima melibatkan 3 belah pihak yaitu, Bakamla RI, KJRI Johor Bahru, dan APMM. Masing-masing diwakili oleh Kepala Zona Bakamla Barat Laksamana Pertama Bakamla Bambang Trijanto, Konsul Jenderal RI Johor Bahru Sigit S. Widiyanto, dan Timbalan Pengarah Operasi Negeri Johor Kepten Maritim Kama Azri Bin Kamil.

Setibanya, Bakamla RI menyerahkan 16 nelayan tersebut kepada Dinas Kelautan Perikanan Prov. Kepulauan Riau untuk di data dan dipulangkan kedaerahnya masing-masing. Turut hadir dalam kegiatan ini, Tim Monitoring dan Evaluasi Patroli Bersama yang dipimpin oleh Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma Bakamla Basri Mustari, serta Forkopimda Kepulauan Riau.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

KSAL Bahas Peningkatan Kerja Sama Militer dengan Dubes India

KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) Laksamana Muhammad Ali melakukan pertemuan dengan Dubes India untuk Indonesia dan Timor Leste Sandeep Chakravorty.

TNI Gagalkan Penyelundupan Ganja Seberat 200 Gram di Wilayah Perbatasan Papua

TNI melalui Satuan Tugas pengamanan perbatasan Batalyon infanteri 122/Tombak Sakti mengamankan pelaku penyelundupan narkotika jenis ganja.

Satgas Habema dan Warga Kalibuk Meriahkan Lomba Rangkaian HUT RI

Satuan Tugas Yonif Raider 323/Buaya Putih Kostrad, yang tergabung dalam Komando Operasi HABEMA di Papua, melaksanakan pengamanan di Kampung Kalibuk, Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, pada hari Sabtu (24/8).

TNI AL Amankan Pekerja Migran yang Bakal Diselundupkan ke Malaysia

TNI AL (Angkatan Laut) melalui Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Karimun (Lanal TBK) kembali menggagalkan upaya penyelundupan pekerja migran ilegal.