NewsKesehatanTernyata Ini Manfaat Mandi Pagi Pakai Air Dingin untuk Kesehatan Tubuh

Ternyata Ini Manfaat Mandi Pagi Pakai Air Dingin untuk Kesehatan Tubuh

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ternyata mandi pagi dengan air dingin memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan salah satunya bisa meredakan gejala depresi. Berikut informasi selengkapnya di artikel ini.

Sebelum itu, seperti yang kita ketahui bahwa mandi merupakan rutinitas setiap orang. Namun, sebagian orang menyepelekan mandi pagi dan lebih memilih tetap berdiam di balik selimut karena dinginnya udara di pagi hari.

Padahal, mandi pagi khususnya dengan air dingin dapat berfungsi sebagai hidroterapi atau terapi air yang salah satunya untuk mengurangi gejala depresi dan memperbaiki suasana hati.

Untuk selengkapnya, berikut ini manfaat mandi pagi dengan air dingin, seperti dikutip Holopis.com dari Alodokter :

  1. Bisa Meredakan Gejala Depresi

Suatu penilitian mengungkapkan bahwa mandi dengan air dingin selama 5 menit atau 2 kali sehari dapat meringankan gejala depresi. Ini karena saat mandi menggunakan air dingin, tubuh akan memicu pelepasan hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih bahagia.

  1. Bisa Mengatasi Susah Bangun Tidur

Mandi pagi jadi salah satu solusi untuk sobat Holopis yang sulit bandung tidur, dimana ketika terkena suhu dingin, maka tubuh akan bereaksi dengan meningkatkan denyut jantung dan asupan oksigen ke dalam tubuh. Efeknya, tubuh langsung terjaga.

  1. Bisa Melawan Berbagai Penyakit

Mandi pagi bisa merangsang produksi sel darah putih atau leukosit, dimana leukosit itu sendiri berfungsi melawan infeksi di dalam tubuh.

Dengan begitu, mandi pagi praktis bisa meningkatkan imunitas tubuh yang kemudian bisa membantu tubuh melawan berbagai serangan penyakit, mulai dari pilek hingga flu sekali pun

  1. Bisa Meningkatkan Sirkulasi Darah

Ketika mandi pagi dengan air dingin, tubuh akan bekerja sedikit lebih keras untuk mempertahankan suhu normal tubuh. Jika dilakukan secara teratur, hal tersebut dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan membuat kulit terlihat lebih sehat.

  1. Meringankan Nyeri Otot

Ternyata mandi pagi bisa meringankan nyeri tot. Cocok untuk sobat Holopis yang rajin berolahraga.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah atau meredakan nyeri otot setelah berolahraga adalah mandi atau berendam menggunakan air dingin dengan suhu 10–15 Derajat Celcius selama 15 menit.

Tak hanya meredakan nyeri atau kaku otot setelah olahraga, berendam dalam air dingin juga dapat mencegah kulit dari kerusakan.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Ingin Sperma Berkualitas? Makan Kacang Kenari!

Ternyata kacang kenari dinilai bisa menjaga kualitas sperma loh, hal itu terjadi karena kacang kenari kaya akan nutrisi.

Catat! Ini Pertolongan Pertama Sakit Perut Akibat Makan Pedas

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang pedas salah satunya bisa menyebabkan sakit perut. Jika hal itu terjadi, segera lah melakukan pertolongan pertama.

Ternyata Kacang Kenari Banyak Manfaatnya loh, Gak Percaya?

Kacang kenari dinilai memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita, sebab kaya akan nutrisi. Bahkan, kacang kenari disebut lebih memiliki kandungan omega 3 lebih tinggi ketimbang jenis kacang lainnya.

Manfaat Konsumsi Kacang Merah, Salah Satunya Bisa Kontrol Gula Darah loh

Ternyata mengonsumsi kacang merah banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita loh, salah satunya yaitu bisa mengontrol gula darah sehingga keseimbangan terjaga.