Punya Gaji Kecil Tapi Pengin Sehat Finansial, Begini Tipsnya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Terkadang besar kecilnya nominal gaji sebenarnya hanya berada pada rasa, dan rasa syukur kita sebagai manusia. Bahkan gaji besar tapi tidak bersyukur dan salah dalam pengelolaan keuangan juga tidak akan berasa cukup.

Namun, memiliki gaji kecil bukan berarti kamu tidak bisa menabung dan mencapai kesehatan finansial lho. Dengan disiplin dan strategi yang tepat, kamu tetap bisa banget mengatur keuangan dengan baik, bahkan menyisihkan untuk masa depan.

Nah, dalam kesempatan ini, kita akan membahasa beberapa tips yang bisa membantu kamu dalam meraih kesehatan finansial dengan gaji kecil :

1. Buatlah Anggaran yang Realistis

Langkah pertama adalah membuat anggaran bulanan yang realistis. Catat semua pemasukan dan pengeluaran kamu, termasuk kebutuhan pokok seperti makan, pembayaran cicilan atau tagihan bulanan, dan biaya entertainment atau gaya hidup.

Gunakan aplikasi pencatat keuangan atau buat tabel sederhana untuk membantumu agar mudah dibaca income dan outcome (debit – kredit). Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan. Prioritaskan kebutuhan primer seperti makan, tempat tinggal, dan transportasi sehingga bisa tahu berapa spare budget yang bisa digunakan untuk “keinginan”.

2. Atur Prioritas Pengeluaran

Setelah mengetahui pengeluaran kamu seberapa besar setiap bulannya, maka langkah selanjutnya adalah kategorikan menjadi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

Kebutuhan primer adalah yang mutlak harus dipenuhi, seperti makan, tempat tinggal, dan transportasi. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang masih bisa dipertimbangkan, seperti pulsa, internet, dan hiburan. Sedangkan kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang bisa dikurangi atau dihilangkan, seperti gaya hidup mewah dan makan di luar.

3. Terapkan Gaya Hidup Hemat

Pernah dengar rumus fisika yang pernah dijadikan konten Dzawin Nur Ikram?. Yes, dia pernah bilang jika mau ada perubahan maka kurangi gaya dan perbesar usaha. Nah, membiasakan gaya hidup hemat demi masa depan yang baik, adalah cara yang baik untuk kamu yang punya gaji kecil, sehingga beban hidup bisa lebih dikurangi.

Di sini, ego kamu akan sangat diuji jika ini adalah langkah pertamamu dalam menjalankan gaya hidup hemat dengan gaji yang tidak terlalu besar itu. Dan berikut beberapa tips hemat yang bisa diterapkan:

  • Masak di rumah:
    Memasak di rumah jauh lebih hemat daripada makan di luar. Sisihkan waktu untuk memasak makanan dalam jumlah besar dan bekukan untuk menghemat waktu dan uang.
  • Manfaatkan transportasi umum:
    Jika memungkinkan, gunakan transportasi umum seperti bus, kereta, atau ojek online daripada kendaraan pribadi. Hal ini dapat menghemat biaya bensin, parkir, dan perawatan kendaraan.
  • Cari hiburan murah:
    Ada banyak cara untuk bersenang-senang tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Anda bisa menonton film di rumah, membaca buku, atau pergi ke taman bersama teman.
  • Manfaatkan promo dan diskon:
    Banyak toko dan restoran yang menawarkan promo dan diskon. Manfaatkan promo ini untuk mendapatkan barang atau jasa dengan harga yang lebih murah.
  • Hindari berbelanja impulsif:
    Jangan tergoda untuk membeli barang yang tidak Anda butuhkan hanya karena sedang ada diskon. Pikirkan terlebih dahulu apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut sebelum membelinya.

4. Sisihkan Uang untuk Menabung

Tetapkan target tabungan yang realistis dan konsisten. Sebisa mungkin, sisihkan minimal 10% dari gaji Anda untuk ditabung. Kamu bisa menggunakan metode 50/30/20, di mana 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk kebutuhan sekunder, dan 20% untuk menabung dan investasi.

5. Cari Penghasilan Tambahan

Jika memungkinkan, carilah penghasilan tambahan untuk meningkatkan penghasilan kamu. Bisa kok kamu mencari pekerjaan sampingan, freelance, atau berjualan online. Penghasilan tambahan ini bisa Anda gunakan untuk menabung atau melunasi utang dan cicilan

6. Mulai Berinvestasi

Setelah memiliki dana darurat dan tabungan yang cukup, Anda bisa mulai berinvestasi. Ada banyak pilihan investasi yang tersedia, seperti deposito, reksadana, dan saham. Pelajarilah berbagai jenis investasi dan pilihlah yang sesuai dengan profil risiko kamu.

7. Konsultasi dengan Perencana Keuangan

Jika Anda merasa kesulitan dalam mengatur keuangan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan. Perencana keuangan dapat membantu Anda membuat rencana keuangan yang sesuai dengan kondisi dan tujuan Anda.

Menjaga kesehatan finansial dengan gaji kecil memang membutuhkan usaha dan disiplin. Namun, dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda bisa mencapai tujuan keuangan Anda dan hidup dengan lebih tenang. Ingatlah bahwa kunci utama adalah konsisten dan disiplin dalam mengelola keuangan Anda.

Tips Tambahan:

  • Gunakan aplikasi pencatat keuangan untuk membantu Anda melacak pengeluaran dan pemasukan.
  • Buatlah celengan untuk menabung secara manual.
  • Ikuti komunitas keuangan online untuk mendapatkan tips dan informasi bermanfaat.
  • Tetap semangat dan pantang menyerah dalam mencapai tujuan keuangan Anda.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda bisa mencapai kesehatan finansial dan mewujudkan mimpi Anda, bahkan dengan gaji kecil.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Kekenyangan? Ini 4 Tips Agar Perut Lebih Tenang

Perasaan perut kenyang memang bisa sangat mengganggu, terutama setelah makan dalam jumlah besar atau makanan yang sangat berat.

Ini Waktu yang Tepat untuk Mengirim Lamaran Kerja via Email

Mengirim lamaran kerja adalah langkah krusial dalam mencari pekerjaan. Selain isi dari pesan yang disampaikan, waktu pengiriman juga memiliki peran penting.

Bugar dan Produktif di Kantor? Olahraga Ringan Solusinya!

Bekerja di kantor memang identik dengan duduk berjam-jam, menatap layar komputer, dan minim pergerakan. Hal ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan.

Ini 4 Alasan Dilarang Suka Pencet Jerawat

Memencet jerawat yang sedang matang-matangnya sering kali terasa memuaskan secara instan. Padahal kebiasaan buruk ini dapat memberikan ampak yang negatif pada kecantikan dan juta kesehatan kulit.

3 Tips Rambut Berhijab Agar Tetap Segar dan Sehat

Bagi banyak wanita yang menggunakan hijab, menjaga kesehatan rambut bisa menjadi tantangan tersendiri. Apalagi penggunaan hijab yang terus-menerus dapat menyebabkan rambut rentan terhadap masalah seperti kering, rapuh, atau bahkan kerontokan.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu

BERITA TERBARU

RESEP : Roti Isi Daging Sayur Bumbu Teriyaki, Rasanya Umami Banget Pokoknya

Resep kuliner kali ini ada Roti Isi Daging Sayur Bumbu Teriyaki, yang tentunya lezat dan nikmat.