NewsPolhukamPB SEMMI Desak KPK Periksa Gus Yaqut soal "Jual Beli" Kuota Haji...

PB SEMMI Desak KPK Periksa Gus Yaqut soal “Jual Beli” Kuota Haji 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia (PB SEMMI) meminta agar KPK segera memanggil Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) untuk dimintai keterangannya atas temuan timwas haji DPR tentang jamaah yang diduga dimintai uang Rp300 juta jika ingin melalui jalur haji khusus.

“Praktik curang oknum petugas haji Kementerian Agama ini bermula dari jual beli kuota pemberangkatan haji. Ada 8.400 kuota haji reguler yang dialihkan ke haji khusus yang biayanya jauh lebih mahal,” kata Bendahara Umum PB SEMMI, Achmad Donny dalam keterangannya kepada Holopis.com di Jakarta, Rabu (10/7).

Tidak cukup hanya mengalihkan kuota haji reguler ke haji khusus, pada praktiknya oknum petugas haji diduga kerap menakut‐nakuti jamaah menunda keberangkatannya. Jamaah yang tidak ingin keberangkatannya tertunda harus membayar biaya haji furoda Rp300 juta.

“Jadi modusnya petugas haji menakut-nakuti jamaah haji jalur khusus yang sudah bayar sekitar Rp160 juta, kalau tidak mau ditunda (maka) harus keluar uang lagi. Ini jelas praktik korupsi dengan cara jual beli kuota haji,” ujarnya.

Dalam hitungannya, jika 1 orang harus bayar Rp300 juta dikalikan 8.400 sesuai jumlah kuota haji reguler yang dialihkan ke haji khusus, Donny pun tak habis pikir berapa banyak uang yang masuk ke kantong oknum petugas haji tersebut.

“Kalau kata anak sekarang, menang banyak dia. Karena itu tidak ada alasan KPK tidak memanggil Menteri Agama terkait temuan ini,” tegas Donny.

Bahkan, Donny menyatakan tengah menyiapkan agenda khusus untuk melakukan desakan publik agar KPK segera memeriksa Gus Yaqut terkait dengan apa yang telah ia sampaikan itu.

“PB SEMMI tidak akan tinggal diam. Kami akan geruduk Kementerian Agama untuk menyeret oknum yang terlibat jual beli kuota haji. Korupsi yang sangat telànjang dan memàlukan,” pungkas Donny.

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Istana Sebut Ada Agenda Ganggu Pemerintahan Memakai Isu Keretakan

Pihak Istana memastikan bahwa isu keretakan hubungan antara Presiden Jokowi dengan Prabowo Subianto tidak benar adanya.

Yuyun Sukawati Laporkan Mantan Pacar Anak yang Rajin Kirim Video Mesum 

Aktris Yuyun Sukawati kembali menyambangi Polda Metro Jaya hari ini Senin (26/8), dengan didampingi kuasa hukumnya Niko Kilikili dan Maxi Karepu. Kedatangannya untuk melaporkan gadis bernama Nindya Artika Putr terkait dengan dugaan asusila. 

Hari Ini, Pendaftaran Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2024 Mulai Dibuka

Komisi Pemilihan Umum (KPU) di seluruh wilayah Indonesia bakal membuka pendaftaran calon kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada Serentak 2024 mulai hari ini, Selasa 27 Agustus 2024.

Soal Jatah Lahan Tambang untuk Muhammadiyah, Begini Kata Bahlil

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia menyampaikan terkait pemberian Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) kepada Muhammadiyah.