PolhukamPilkadaMendagri Garansi ASN Netral di Pilkada 2024

Mendagri Garansi ASN Netral di Pilkada 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menegaskan pentingnya netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Penegasan ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) mengenai Kesiapan Pilkada Serentak 2024 untuk wilayah Sumatera. Pasalnya, netralitas ASN diatur dalam Undang-Undang Pilkada, peraturan Kemenpan RB, KASN, dan lembaga terkait lainnya.

“Netralitas ASN sudah ada aturan di dalam Undang-Undang Pilkada dan juga diatur Kemenpan RB dan KASN serta lembaga lainnya,” ujar Tito di Medan, Sumut, Selasa (9/7) seperti dikutip Holopis.com.

Tito menjelaskan bahwa ASN harus menjaga netralitas mereka dalam pesta demokrasi ini karena ada sanksi tegas bagi yang melanggar.

“Jika ada dugaan pelanggaran netralitas ASN mekanisme nya sama, yang pertama Bawaslu akan melakukan investigasi, bisa melakukan mediasi dan bisa juga dilanjutkan proses pidana dan sanksi yang lainnya,” tutur dia.

Untuk memastikan netralitas ASN, Tito menyebutkan bahwa pihaknya akan mengaktifkan aparat pengawas internal pemerintah (APIP). Langkah ini diambil guna memaksimalkan pengawasan terhadap netralitas ASN.

Dalam kesempatan yang sama, Tito juga menekankan pentingnya peningkatan partisipasi pemilih dalam Pilkada Serentak 2024. Semakin tinggi partisipasi pemilih, semakin kuat legitimasi hasil Pilkada Serentak 2024.

Oleh karena itu, ia mendorong Pemda untuk berperan aktif dalam meningkatkan partisipasi pemilih.

Tito juga mencatat bahwa data DP4 ini akan berbeda dengan data Pemilu 14 Februari karena ada warga yang akan mencapai usia 17 tahun antara tanggal tersebut hingga 27 November, sehingga mereka berhak memilih.

“Kalau ada dugaan pelanggaran netralitas ASN akan kita tindak lanjuti,” ucap dia

Ruang Mula

Rekomendasi

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Dirgahayu Indonesiaku ke 79 Tahun
WEBINAR : BELAJAR CARA-CARA PRAKTIS PERSIAPAN SELEKSI CPNS 2024 BERSAMA ASN/PNS

berita Terbaru

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Marshel Widianto Enggak Merasa Rugi Batal Maju Pilkada Tangsel

Marshel Widianto mengklaim tidak merasa kecewa sama sekali akibat batal maju di Pilkada Tangerang Selatan 2024.

Sah! Koalisi Indonesia Maju Alihkan Dukungan ke Benyamin Davnie di Pilkada Tangsel

Partai Gerindra secara resmi mengalihkan dukungan mereka kepada pasangan Benyamin Davnie-Pilar Saga di Pilkada Tangerang Selatan 2024.

Riza Patria Mundur dari Pilwakot Tangsel, Marshel Jomblo Lagi

Nama Ahmad Riza Patria dipastikan mundur dari pencaloannya sebagai bakal calon Wali Kota Tangerang Selatan justru menjelang proses pendaftaran.

PKS Mendadak Tarik Dukungan dari Riza-Marshel

PKS menyebut bahwa mereka telah menarik dukungan untuk mengusung pasangan Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto di Pilkada Tangerang Selatan 2024.