Bahaya Cuaca Ekstrem, BPBD Minta Warga Hindari Wilayah Ini?


HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta warga Jakarta untuk selalu waspada akan dampak cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari terakhir. BPBD juga menghimbau warga masyarakat untuk menghindari aktivitas di pinggir sungai maupun di bawah pohon yang rindang. 

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, cuaca ekstrem yang terjadi dapat menimbulkan beberapa bencana di antaranya pohon tumbang, tanah longsor, bangunan roboh dan korban tenggelam.

“Kami mengimbau warga Jakarta menghindari aktivitas di pinggiran sungai, waduk dan danau saat hujan lebat turun,” ujar Isnawa Adji, saat dikonfirmasi Holopis, Rabu (10/7).

Ia mengungkapkan, BPBD DKI mencatat kejadian bencana yang cukup banyak terjadi selama dua tahun terakhir saat terjadi cuaca ekstrem.

Selama tahun 2022 telah terjadi 378 pohon tumbang, tanah longsor 14 titik, 56 bangunan roboh dan 20 korban tenggelam.

“Sedangkan selama tahun 2023 telah terjadi 234 pohon tumbang, tanah longsor 22 titik, 31 bangunan roboh dan 33 korban tenggelam,” ungkapnya.

Isnawa menambahkan, masyarakat dapat memantau informasi terkini seputar cuaca dari BMKG maupun situs web, www.bpbddki.go.id untuk mendapatkan informasi terkait cuaca ekstrem.

“Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi call center Jakarta Siaga 112,” tandasnya.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan Ini

Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini adanya potensi gelombang tinggi yang terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada rentang waktu antara tanggal 22 - 23 Juli 2024.

Cuaca Jatim Minggu 21 Juli 2024 Cerah Sepanjang Hari, BMKG : Waspada Karhutla

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jatim (Jawa Timur) pada hari ini, Minggu 21 Juli 2024.

Cuaca Jabar Minggu 21 Juli 2024 Umumnya Cerah, Tapi Ada Potensi Hujan Ringan di Wilayah Ini

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jabar (Jawa Barat) pada hari ini, Minggu 21 Juli 2024.

Cek Prakiraan Cuaca Jakarta Minggu 21 Juli 2024, Ada Potensi Hujan?

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jakarta pada hari ini, Minggu 21 Juli 2024.

Cuaca Jateng Minggu 21 Juli 2024 Bakal Cerah Berawan di Siang Hari, Malamnya Mendung

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merilis prakiraan terkini perihal cuaca Jateng (Jawa Tengah) pada hari ini, Minggu 21 Juli 2024.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu

BERITA TERBARU

Arteta Tekankan Arsenal Butuh Upgrade!

Arsenal dalam dua musim terakhir ini menjelma jadi tim yang paling dekat dalam perebutan gelar juara, meski pada akhirnya Manchester City yang berhasil merebut supermasi tertinggi tersebut. Manajer Mikel Arteta pun menekankan bahwa The Gunners memang butuh upgrade untuk bisa bersaing kembali dalam perebutan trofi tersebut.