Apresiasi Indonesia Bela Palestina, Grand Syekh Al Azhar Serukan Kerukunan Umat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Grand Syekh Al Azhar, Imam Akbar Ahmed Prof. Syekh Ahmad Muhammad Ahmed Ath-Thayyeb memberikan kuliah umum di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Grand Syekh yang juga Ketua Majelis Hukama Muslimin (MHM) mengapresiasi langkah Indonesia membela Palestina dan menyerukan kerukunan umat beragama.

Grand Syekh Al Azhar Ahmed Al Tayeb melakukan kunjungan kali ketiga ke Indonesia. Imam Akbar tiba sejak 8 Juli dan dijadwalkan akan berada di Indonesia hingga 11 Juli 2024.

Sebelum memberi kuliah umum di UIN, Grand Syekh diterima Presiden RI Joko Widodo. Keduanya juga mendiskusikan penyelesaian konflik di Gaza-Palestina. Grand Syekh mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia atas perjuangannya untuk membela saudara-saudara kita di Gaza Palestina dengan memperjuangkan gencatan senjata dan menyampaikan bantuan-bantuan kemanusiaan.

Grand Syekh dalam kuliah umumnya menyeru pentingnya persatuan dan tidak tertipu dengan propaganda yang ingin memecah belah umat Islam dengan berbagai cara. Grand Syekh mengingatkan umat Islam untuk tidak menjadi umat yang inferior.

“Umat Islam adalah umat besar yang telah berkontribusi besar terhadap peradaban dunia,” papar Prof. Ath-Thayyeb di Ciputat, Tangerang Selatan, Selasa (9/7) seperti dikutip Holopis.com.

Tampak hadir mantan Menag Prof Muhammad Quraish Shihab, Sekjen Kemenag Muhammad Ali Ramdhani beserta pejabat Eselon I dan II Kemenag, serta Rektor UIN Jakarta, Prof Asep Saufuddin Jahar.

Acara ini juga dihadiri ribuan pengunjung yang memadati Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta. Selain jajaran pejabat Eselon I dan II Kemenag bersama civitas akademika UIN Jakarta, hadir juga para Rektor PTKN, alumni Al Azhar, serta mahasiswa.

Menurut Grand Syekh, perpecahan itu sering lahir dari lisan dan pena para dai yang tidak memahami prioritas dan fiqih ikhtilaf (perbedaan).

“Mereka yang sibuk dengan perkara-perkara khilafiyah tapi lupa dengan isu-isu keumatan yang utama seperti isu Palestina, isu kemiskinan, dekadensi moral dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Grand Syekh menyatakan bahwa umat harus diingatkan agar terhindar dari orientasi baru yang menolak ajaran empat mazhab. “Di mana mereka membuat fiqih baru, di mana mereka mudah menyalahkan dan bahkan mengkafirkan yang tidak sependapat dengan mereka,” tutur Syekh.

Untuk menekankan hal ini, Grand Syekh, mengutip Hadis Nabi Muhammad SAW riwayat Al-Bukhari yang menjelaskan bahwa apabila seseorang memiliki tiga kriteria ini maka dia adalah muslim dan tidak boleh dikafirkan.

“Yaitu, pertama yang salat sama seperti kita salat kita, kedua yang menghadap kiblat kita, dan ketiga yang makan sembelihan kita,” ungkapnya.

Grand Syekh menyeru umat Islam untuk menjaga kerukunan umat beragama, sebagaimana dicontohkan oleh Nabi dan para sahabat di mana mereka menghormati keyakinan agama lain.

“Menghormati tidak sama dengan meyakini. Yang kita lakukan adalah menghormati meskipun tetap keyakinan itu masing-masing,” terang Prof. Ath-Thayyeb.

Temukan kami juga di Google News
  • Baca Juga

Turki-Israel Memanas Buntut Tewasnya Ismail Haniyeh

Hubungan diplomatik antara Turki dan Israel dikabarkan semakin memanas menyusul tewasnya pemimpin politik Hamas Palestina, ismail Haniyeh.

Joe Biden Geram, Telepon Netanyahu Kasih Peringatan Soal Konflik di Gaza!

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dikabarkan menghubungi Perdana Menteri Israel (PM) Benjamin Netanyahu perihal konflik di kawasan Gaza Palestina. Biden pun diklaim turut memerintahkan Netanyahu untuk tidak menambah ketegangan di Palestina.

Jokowi Kecam Keras Pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecam keras aksi pembunuhan pemimpin Hamas, Ismail Haniyeh yang dilancarkan oleh kelompok militer Israel di Teheran, Iran, pada Rabu (31/7) lalu.
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Olimpiade Paris 2024

Berita Terbaru