Syam Basrijal Sarankan Kombinasi NGFW, SIEM, dan DLP Demi Keamanan Data

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Praktisi keamanan data dari PT Tri Kreasi Mandiri Teknologi, Syam Basrijal mengatakan bahwa ancaman keamanan siber di era digitalisasi akan terus berkembang canggih dan semakin kompleks. Mereka akan terus beradaptasi dengan semua teknik dan protokol keamanan yang ada saat ini, sehingga penting untuk semua pihak yang menjalankan roda organisasi dan bisnis dengan pemanfaatan teknologi informasi berbasis siber harus terus meningkatkan keamanan data mereka.

“Organisasi dari berbagai sektor perlu mengambil langkah proaktif untuk melindungi data dan infrastruktur mereka. Dalam hal ini, penggunaan teknologi Next-Generation Firewall (NGFW), Security Information and Event Management (SIEM), dan Data Loss Prevention (DLP) dapat menjadi solusi efektif untuk menghadapi tantangan ini,” kata Syam dalam keterangan tertulisnya yang diterima Holopis.com, Selasa (9/7/2024).

Ancaman keamanan siber seperti malware, ransomware, serangan phishing, maupun advanced persistent threats (APT) semakin sulit dideteksi dan ditangani dengan metode keamanan tradisional. Oleh karena itu, Syam mengatakan bahwa semua organisasi perlu mengadopsi teknologi keamanan yang lebih canggih untuk melindungi aset mereka.

Dipaparkan juga oleh Syam Basrijal, bahwa Next-Generation Firewall (NGFW) merupakan evolusi dari firewall tradisional yang tidak hanya mengandalkan pemeriksaan paket data, akan tetapi juga menyertakan fitur-fitur canggih seperti inspeksi dalam, kontrol aplikasi, dan pencegahan ancaman. 

“NGFW mampu mengenali dan menghentikan ancaman siber yang tersembunyi di dalam aplikasi atau protokol yang sah. Dengan kemampuan ini, NGFW memberikan perlindungan lebih terhadap serangan yang kompleks dan menargetkan lapisan aplikasi,” ujarnya.

Kemudian, pengamanan siber juga bisa dilakukan dengan Security Information and Event Management (SIEM). Ia merupakan sebuah solusi yang menggabungkan pengumpulan data keamanan dari berbagai sumber dengan analisis real-time dan manajemen insiden. 

Dengan SIEM, organisasi dapat memonitor aktivitas jaringan, mendeteksi anomali, dan merespons ancaman dengan cepat. Bahkan dengan adanya SIEM, perusahaan dapat lebih efektif dalam mengelola risiko dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi keamanan.

“SIEM membantu dalam mengidentifikasi pola serangan, mengurangi waktu deteksi, dan mempercepat respons terhadap insiden keamanan,” terang Syam Basrijal.

Selanjutnya ada Data Loss Prevention (DLP). Ini adalah sebuah teknologi yang dirancang untuk mencegah kehilangan data sensitif melalui kontrol dan pemantauan data secara menyeluruh. DLP membantu organisasi mengidentifikasi, memantau, dan melindungi data penting dari akses yang tidak sah atau kebocoran. 

Dengan menerapkan kebijakan DLP, perusahaan dapat memastikan bahwa data sensitif tidak keluar dari lingkungan yang aman, baik melalui email, transfer file, atau perangkat penyimpanan eksternal. 

“DLP juga memungkinkan organisasi untuk mengelola data secara lebih aman dan meminimalkan risiko kebocoran informasi,” lanjut Syam.

Jika sebuah perusahaan dan organisasi tersebut menggunakan tiga mekanisme keamanan data berbasis siber ini secara integrated, peluang terjadinya serangan siber bisa semakin maksimal untuk ditekan.

Ruang Mula

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Sidik Cyber Respons Gembira AWS Summit Jakarta 2024, Ini Harapannya

CEO Sidik Cyber, Yonathan Yeremia mengapresiasi atas terselenggaranya AWS Summit Jakarta 2024 pada Kamis (5/9) yang diselenggarakan di Ritz-Carlton Jakarta. Ia berharap AWS dapat memberi peluang bagi pelaku teknologi lokal.

Wujudkan Merdeka Digital Harus Holistik dan Kolaboratif

Salah satu agenda penting yang dilakukan oleh Sidik Cyber saat ini adalah bagaimana mewujudkan Merdeka Digital sebagai implementasi untuk mewujudkan masa depan digital yang lebih baik di Indonesia.

Sering Diabaikan, Tapi Ini Ternyata Bahaya Mengisi Daya Laptop Semalaman

Siapa di sini Sobat Holopis yang pernah mengecas laptopnya semalaman? Meskipun banyak orang yang terbiasa mengisi daya laptop semalaman, sudah bukan rahasia umumlagi bahwa kebiasaan ini ternyata menyimpan beberapa risiko yang dapat merusak perangkat kesayangan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029

Berita Terbaru