BerandaNewsZulhas Sebut Bea Masuk 200% Bakal Sasar Produk Tekstil hingga Teknologi Asal...

Zulhas Sebut Bea Masuk 200% Bakal Sasar Produk Tekstil hingga Teknologi Asal China

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan memberikan perkembangan terkait rencana pemerintah menerapkan tarif bea masuk untuk produk-produk asal China hingga 200%.

Pria yang akrab disapa Zulhas itu mengatakan, bahwa pemerintah serius dengan rencana tersebut dengan menggelar rapat koordinasi bersama dengan pihak-pihak terkait. 

“Rapat itu memutuskan ada tujuh komoditas yang harus mendapatkan perhatian khusus,” kata Zulhas dalam keterangannya, seperti dikutip Holopis.com, Jumat (5/7).

Ketujuh produk tersebut antara lain produk tekstil, pakaian jadi, keramik, elektronik. Kemudian kosmetik, barang tekstil sudah jadi lainnya, dan alas kaki.

Penerbit Iklan Google Adsense

Dia menegaskan, bahwa pengenaan bea masuk tinggi terhadap produk asal China masuk dalam daftar tujuh komoditas tersebut dilakukan tidak sembarangan, dimana aturannya nanti akan menyesuaikan ketentuan yang ada. 

“Jadi tujuh itu, tentu kita Kemendag akan melakukan segala upaya sesuai dengan ketentuan dan aturan kita nasional maupun yang sudah disepakati lembaga dunia,” tegasnya.

Zulhas melanjutkan, bahwa pihaknya untuk saat ini masih mengkaji besaran biaya masuk yang akan dikenakan untuk produk asal Tiongkok tersebut.

“Nanti dihitung, bisa 50 persen, 100 persen sampai 200 persen, tergantung,” ujar Zulhas.

Sebagaimana diketahui, Zulhas sebelumnya telah menerangkan, bahwa penerapan nilai pajak berupa bea masuk yang tinggi untuk produk impor asal China adalah untuk menyelamatkan industri dalam negeri. 

Terlebih saat ini, kata dia, produk-produk negeri Tirai Bambu tersebut dinilai sudah mengalami kelebihan kapasitas (overcapacity). Dan menurut Zulhas, produk yang paling menjadi perhatian adalah bidang tekstil. 

“Pajak yang tinggi. Untuk tekstil 100 hingga 200 persen. Mungkin minggu depan sudah keluar (Permendagnya),” ujar Zulhas, Senin (2/7) lalu.

“Keramik over capacity ke Indonesia yang bikin kita bangkrut, (pajaknya nanti) bisa sampai 200 persen,” tambahnya.

Temukan kami juga di Google News

Baca Juga :

BERITA LAINNYA

Azriel Hermansyah Semprot Netizen yang Nyinyiri Foto Wisuda Gegara Krisdayanti

Azriel Hermansyah semprot balik netizen yang nyinyiri foto keluarganya di Instagram saat ia merayakan kelulusan dari Universitas Bina Nusantara

Pemerataan Akses Energi Penting Sentuh Daerah 3 T

Langkah pemerintah dalam memberikan akses energi yang merata dan terjangkau untuk seluruh masyarakat di semua wilayah di Indonesia wajib terus dilakukan.

Sah! PKB Resmi Dukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut

PKB (Partai Kebangkitan Bangsa) secara resmi memberikan dukungan kepada Bobby Nasution untuk maju di Pilkada Sumatera Utara.

CCTV : Sekelompok Pemuda Bikin Onar di Ambon, Mobil Lewat Dilempar

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Terekam kamera CCTV, sekelompok pemuda terlihat melakukan pengerusakan di sebuah tempat penjualan bensin, bahkan seluruh pelaku yang ada juga melempari kendaraan...

Mau Ketemu Kim Ji Won di Jakarta? Harus Rogoh Kocek Segini…

Aktris Korea Selatan, Kim Ji Won akan hadir di Indonesia untuk menjumpai para penggemarnya. Kabar itu diumumkan pada promotor Virgo Creative Entertainment di akun Instagram mereka @virgoenterteinment.id.

Pemkot Bekasi Cairkan Dana Pengamanan Pilkada 2024

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi resmi mencairkan dana hibah pengamanan kepada TNI dan Polri yang nantinya akan bertugas pada pelaksanaan Pilkada 27 November...
Presiden dan Wakil Presiden 2024 - 2029
Sudaryono Jateng Satu
Munas 10 Forum Zakat

HOLOPIS FEEDS